Menko Luhut soal Undang Maskapai Asing ke RI: Kan Sudah Ada AirAsia

Jumat, 21 Juni 2019 19:11 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Menko Luhut soal Undang Maskapai Asing ke RI: Kan Sudah Ada AirAsia AirAsia terima A320neo. Istimewa©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Pemerintah Jokowi-JK terus berupaya untuk menekan harga tiket pesawat terbang. Sejauh ini, pemerintah sudah menurunkan tarif batas atas (TBA). Selain itu, pemerintah juga telah menurunkan harga tiket pesawat terbang bertarif rendah atau LCC.

Selain kebijakan-kebijakan anyar tersebut, pemerintah juga sempat mencetuskan rencana untuk mengundang maskapai asing untuk terbang di langit Indonesia. Dengan banyaknya pemain di industri penerbangan, diharapkan harga tiket pesawat dapat ditekan.

Lalu pertanyaan yang kemudian muncul adalah bagaimana kelanjutan rencana tersebut?

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan tidak memberikan jawaban pasti apakah rencana itu akan berlanjut atau tidak. Namun, kata dia, saat ini, sudah ada maskapai asing yang masuk ke Indonesia, yakni AirAsia.

"Kalau maskapai asing, kan sudah ada Airasia," kata dia saat ditemui di Kantornya, Jakarta, Jumat (21/6).

Saat ini katanya, pemerintah tengah fokus mendorong bisnis maskapai tersebut, seperti memberikan akses untuk melayani rute-rute gemuk. Dengan catatan, Air Asia juga harus mau ketika diminta mengambil rute-rute kurus.

"Sementara saya kira AirAsia saja dulu kita besarkan. Kita kasih line yang gemuk, tapi juga dia dapat line yang kering," tandasnya. [idr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini