India Jadi Negara Ekonomi Terbesar di Dunia 2030, Siapa Nomor 1?

Sabtu, 22 Juni 2019 11:12 Reporter : Merdeka
India Jadi Negara Ekonomi Terbesar di Dunia 2030, Siapa Nomor 1? pertumbuhan ekonomi. shutterstock

Merdeka.com - Managing Director Chief Market Strategist, Asia HSBC Private Banking, Fan Cheuk Wan memprediksi pada 2030, India akan menjadi kekuatan ekonomi ketiga di dunia. Menurutnya, emerging markets Asia akan berkontribusi sebesar 55 persen terhadap pertumbuhan ekonomi dunia dan 35 persen terhadap PDB dunia.

Oleh karena itu, kekuatan konsumen Asia akan berdampak besar pada global. "Populasi kelas menengah Asia yang besar akan mendatangkan banyak peluang untuk sektor layanan perorangan, produk ritel premium, e-Commerce, hiburan, perjalanan, pendidikan, kesehatan, dan keuangan," tuturnya seperti ditulis Sabtu (22/6).

Dia juga memprediksi Tiongkok atau China akan menggantikan Amerika Serikat (AS) sebagai kekuatan ekonomi terbesar di dunia. Itu berarti tiga negara ekonomi terbesar di dunia pada 2030 akan ditempati oleh Tiongkok, Amerika Serikat, baru kemudian disusul oleh India.

"Kita tahu pada tahun ini Tiongkok sedang berusaha menggantikan AS sebagai pasar retail terbesar di dunia. Ini berkat pasar e-commercenya yang lumayan cepat," kata dia.

"Walaupun populasi usia produktif mulai menurun di Tiongkok, Korea Selatan, Singapura, dan Thailand, konsumen Asia sebenarnya sedang memasuki usia konsumsi puncak dengan pengeluaran tahunan yang cukup tinggi," tandasnya.

Sumber: Liputan6

Reporter: Bawono Yadika Tulus [idr]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini