Harga Cabai dan Bawang Mahal, Inflasi Lebaran Diprediksi Capai 0,6 Persen

Rabu, 5 Juni 2019 13:48 Reporter : Merdeka
Harga Cabai dan Bawang Mahal, Inflasi Lebaran Diprediksi Capai 0,6 Persen Darmin Nasution. ©2018 Istimewa

Merdeka.com - Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Darmin Nasution memprediksi inflasi Lebaran tahun ini tidak akan berbeda jauh dari kisaran Lebaran tahun lalu.

"Inflasi Lebaran tidak terlalu beda jauh dari tahun lalu berkisar 0,5 hingga 0,6 persen. Bisa meleset tapi perkiraan saya enggak jauh," ucap Menko Darmin saat menggelar press conference di rumah dinasnya di Jalan Widya Chandra IV Nomor 17, Jakarta Selatan, Rabu (5/6).

Darmin menjelaskan, inflasi kali ini akan dipicu kenaikan beberapa harga seperti cabai, bawang putih yang masih tinggi.

Menurut Darmin, inflasi bulan Ramadan dan Lebaran ini terbilang cukup tinggi, karena pada bulan biasanya inflasi hanya mencapai 0,3 persen saja. Namun dibandingkan dengan Lebaran tahun lalu, inflasi pada tahun ini masih terbilang rendah.

"Tinggi enggak itu? dibanding bulan Lebaran itu enggak tinggi, tapi kalau dibandingkan bulan lainnya itu tinggi karna biasanya di bawah 0,3 persen," jelasnya.

Sebelumnya, Darmin juga sudah memperkirakan inflasi yang terjadi pada bulan Mei 2019 ini bakal berada dikisaran 0,5 hingga 0,6 persen. Hal ini dikarenakan akibat adanya lonjakan dari beberapa harga pangan pada saat Ramadan.

Reporter: Ayu Lestari Wahyu Puranidhi

Sumber: Liputan6.com [idr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini