Go-Jek Gandeng Jouska Beri Pelatihan Pengelolaan Keuangan untuk Mitra Driver

Rabu, 26 Juni 2019 18:17 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Go-Jek Gandeng Jouska Beri Pelatihan Pengelolaan Keuangan untuk Mitra Driver GOJEK Fasilitasi Pelatihan Pengelolaan Keuangan lewat BBM. ©2019 Merdeka.com/Wilfridus Setu Embu

Merdeka.com - Go-Jek melalui Bengkel Belajar Mitra (BBM) menggandeng Jouska Indonesia untuk memberikan pelatihan pengelolaan keuangan khusus mitra driver di Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, Makassar. BBM berintegrasi dengan program unggulan khusus mitra Go-Jek Swadaya agar mitra driver kian terampil mengelola keuangan sehingga semakin mapan.

Head of Communications Transport Marketing Go-Jek, Pingkan Irwin mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk menyejahterakan mitra driver serta para pelaku ekonomi mikro lain yang tergabung dalam ekosistemnya. Dalam memastikan kesejahteraan terus berjalan, Go-Jek selalu melihat secara menyeluruh, tidak hanya dari aspek pendapatan yang berkesinambungan, tapi juga dari segi pengelolaan keuangan yang baik, serta pengembangan skill dan pengetahuan.

Untuk mewujudkan komitmen tersebut, Go-Jek terus menjalankan ragam inisiatif, salah satunya Bengkel Belajar Mitra (BBM). Sebagai wadah pengembangan keterampilan pertama dan paling komprehensif di industri ride-hailing di Indonesia, BBM kembali menggandeng Jouska Indonesia, konsultan keuangan independen, untuk memberikan Pelatihan Pengelolaan Keuangan khusus mitra driver.

"Mitra driver merupakan garda depan pelayanan Go-Jek sekaligus bagian penting dalam ekosistem. Kami sangat menghargai perjuangan mitra driver kami, setiap hari mereka mengabdi dan bekerja keras untuk kesejahteraan keluarganya. Melalui BBM kali ini kami memfasilitasi pelatihan agar mitra Go-Jek terampil mengelola keuangan sehingga semakin mapan dan aman secara finansial," kata dia di Jakarta, Rabu (26/6).

lnisiatif BBM dihadirkan secara rutin tiap bulan untuk mitra driver di Jakarta agar menjadi sumber daya yang unggul dan berkualitas. Ada dua jenis pelatihan pengembangan keterampilan di BBM yang disesuaikan dengan aspirasi dan kebutuhan mitra, yaitu 'Pengembangan Layanan Prima' dengan Pelatihan Bahasa lnggris, P3K dan Anti Kekerasan Seksual, serta 'Pengembangan Kemampuan Diri' dengan Pelatihan Wirausaha dan Pengelolaan Keuangan.

Pelatihan pengelolaan keuangan ini sebelumnya telah dilaksanakan di Jakarta pada November 2019 dan kembali digelar karena tingginya permintaan dari mitra. "Kali ini BBM akan hadir bersama Jouska Indonesia dengan membawakan materi pengelolaan keuangan yang telah dirancang khusus agar sesuai dengan kondisi keseharian mitra Go-Jek di Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, dan Makassar," jelas dia.

CO-CEO Jouska Indonesia, Farah Dini Novita menjelaskan, Jouska Indonesia memiliki visi untuk meningkatkan literasi finansial masyarakat Indonesia. Peran mitra Go-Jek dalam membuat hidup kita menjadi lebih mudah patutlah diapresiasi dengan membantu membuat hidup mereka menjadi lebih sejahtera.

"Salah satunya adalah dengan meningkatkan literasi keuangan untuk para mitra," urai dia.

Materi yang dibawakan oleh Jouska Indonesia dalam pelatihan BBM juga diintegrasikan dengan program Go-Jek Swadaya agar mitra dapat semakin mudah mengelola keuangan dengan baik. Melalui program ini, Go-Jek bekerja sama dengan ragam institusi yang memiliki kesamaan visi untuk memberikan mitra driver akses khusus terhadap ragam layanan finansial, keringanan biaya operasional dan produk asuransi terjangkau.

"Inisiatif Go-Jek yang menyeluruh untuk mitra drivernya ini tak hanya bisa meningkatkan taraf hidup para mitra mereka, tetapi juga mengangkat kesejahteraan keluarganya. Apalagi selain BBM, Go-Jek memiliki program Go-Jek Swadaya, di mana mitra driver bisa langsung memilih kebutuhan finansial yang sesuai dan dikombinasikan dengan ilmu mengelola keuangan yang telah didapat," jelas Farah.

Dia berharap bahwa dengan pengetahuan pengelolaan keuangan yang baik dan juga perkenalan mengenai produk keuangan, maka para mitra Go-Jek dapat memiliki kehidupan finansial yang lebih baik ke depannya dan tujuan keuangan yang diinginkan dapat terpenuhi.

Sejak Oktober 2018, BBM telah menjangkau lebih dari 2.000 mitra yang bisa menambah kemampuan diri mereka sekaligus lebih banyak konsumen yang merasakan pelayanan prima dari mitra driver Go-Jek Selain itu, Go-Jek berencana menghadirkan BBM di seluruh Indonesia secara bertahap dengan mengembangkan topik sehingga mampu menjawab tantangan yang dihadapi mitra dan konsumen. Go-Jek juga mengundang para pakar pengetahuan untuk berkolaborasi dan bersama-sama memberikan dampak sosial yang lebih besar lagi ke mitra Go-Jek di Indonesia.

Dengan rencana pengembangan ini, Pingkan berharap agar program BBM dapat menjangkau dan menaik kelaskan lebih banyak mitra driver dari Sabang sampai Merauke. "Kami mengajak mitra Go-Jek untuk gali ilmu baru dalam program BBM sehingga teman-teman mitra makin sejahtera." [idr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini