Cegah Kasus Jiwasraya Terulang, Asosiasi Harap Ada Komisioner Khusus Asuransi di OJK

Kamis, 27 Februari 2020 15:06 Reporter : Merdeka
Cegah Kasus Jiwasraya Terulang, Asosiasi Harap Ada Komisioner Khusus Asuransi di OJK asuransi. ©2020 Merdeka.com/ asuransi

Merdeka.com - Ketua Umum Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), Budi Tampubolon, mengusulkan pembentukan komisioner di tubuh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk menangani segala hal terkait industri asuransi. Hal tersebut dilakukan agar kasus gagal bayar beberapa perusahaan asuransi seperti Jiwasraya, Bumiputera hingga isu goyahnya Asabri tidak kembali terjadi.

"Kalau boleh kita harap pengawasan dan pembinaan industri asuransi ini lebih khusus, entah khusus asuransi, setidaknya deputi komisioner. Itu harapan asosiasi," ujar Budi dalam acara Sarasehan Industri Asuransi Nasional di kawasan Setiabudi, Jakarta, Kamis (27/2).

Lebih lanjut, memang Industri Keuangan Non Bank (IKNB) menjadi perhatian khusus karena kasus gagal bayar Jiwasraya Cs. Sebab uang yang ditempatkan di industri asuransi, lanjut Budi, jumlahnya sangat besar dan bersifat jangka panjang.

"Agak berbeda dari industri keuangan yang lainnya. Akan sangat layak kalau pengawasan ini (asuransi) ada komisionernya," kata Budi.

1 dari 1 halaman

OJK Diharapkan Reformasi Pengawasan Industri Asuransi

reformasi pengawasan industri asuransi

Namun begitu, diharapkan OJK juga bisa melakukan reformasi pengawasan menyeluruh, meliput kecukupan infrastruktur, pengaturan tata kelola pengawasan yang efisien dan efektif serta pengembangan sistem dan teknologi informasi yang baik.

"Reformasi IKNB sangat menarik untuk dilihat. Jangan lupa bahwa apapun yang terjadi belakangan ini kejadiannya di pasar modal, akan tidak banyak artinya kalau IKNB direformasi tetapi beberapa sektor jasa keuangan lainnya tidak direformasi. Jangan-jangan kalau terulang, kita lagi direformasi," ujar Budi.

Reporter: Athika Rahma

Sumber: Liputan6

[bim]

Baca juga:
Ada Kasus Jiwasraya, OJK Kaji Ulang Izin Penjualan Produk Investasi di Bank
Bos OJK: Dampak Kasus Jiwasraya Kecil Sekali dan Segera Kita Selesaikan
Erick Thohir: Kasus Jiwasraya Sebuah Kebobrokan yang Harus Kita Setop
Lewat Aplikasi Ini, Nasabah Prudential Bisa Konsultasi Kesehatan Secara Langsung
DPR Apresiasi Penangkapan Konglomerat Terkait Kasus Jiwasraya
Investigasi Forensik Dibutuhkan Agar Kasus Jiwasraya dan Asabri Tak Terulang
BPJamsostek Klaim Tak Pernah Main Saham Gorengan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini