Bos AP II Dukung Rencana Presiden Jokowi Soal Datangkan Maskapai Asing

Rabu, 5 Juni 2019 18:39 Reporter : Anggun P. Situmorang
Bos AP II Dukung Rencana Presiden Jokowi Soal Datangkan Maskapai Asing Bandara. www.indonesia.is

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo ( Jokowi) beberapa waktu lalu berencana untuk membuka peluang bagi maskapai asing untuk dapat melayani penerbangan di dalam negeri. Hal tersebut dinilai akan menciptakan kompetisi sehat dan harga tiket pesawat yang lebih kompetitif.

Direktur Utama Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin mengatakan, sebagai operator bandara pihaknya mendukung rencana tersebut. Meski demikian, ada beberapa catatan yang harus menjadi pertimbangan pemerintah jika asing turut menggarap pasar penerbangan Indonesia.

"Pertama kami dukung sekali sebagai operator bandara kami siap untuk itu, tetapi kembali lagi, saya rasa ada aturan dan regulasi lanjutan yang harus disiapkan pemerintah maupun badan usaha angkutan udara itu," ujarnya di Komplek Perumahan Menteri Widya Chandra, Jakarta, Rabu (5/6).

Salah satu pertimbangan yang harus dikaji dengan matang yaitu perlakuan yang sama pesawat dalam negeri dan asing. Sehingga hal tersebut akan menciptakan persaingan yang sehat antara maskapai.

"Pertama azas cabotage (beroperasi secara komersial). Kedua supaya equal in the same playing field, saya rasa badan usaha udara baru juga perlu dipertimbangkan untuk bisa masuk ke wilayah perintis, atau wilayah yang sekarang sudah dilayani badan usaha eksisting, jadi saya rasa kesetaraan itu bisa terjadi," tandas Awalluddin. [idr]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini