Apple Dikabarkan Mengikuti Aturan Rusia Tentang Lokalisasi Data

Rabu, 6 Februari 2019 18:27 Reporter : Merdeka
Apple Dikabarkan Mengikuti Aturan Rusia Tentang Lokalisasi Data logo apple. © Ibnlive.In.com

Merdeka.com - Rusia meminta Apple untuk mengikuti aturannya tentang pemindahan data pengguna domestik ke server lokal di negaranya.

Dalam UU Kontraterorisme negara itu, menyebutkan bahwa seluruh penyedia layanan telekomunikasi harus menyimpan konten komunikasi pengguna, termasuk teks, video, dan audio di server lokal.

Aturan itu pun dipenuhi Apple. Seperti yang dilaporkan Softpedia, Rabu (6/2), badan eksekutif media dan telekomunikasi Rusia, Roskomnadzor, mengonfirmasi Apple memutuskan untuk mematuhi hukum dan menyimpan data pengguna di server lokal. Namun sayangnya, pihak Apple belum memberikan konfirmasi tentang kabar ini.

Di sisi lain, ada banyak pertanyaan mengenai jenis informasi yang akan disimpan di server Rusia.

Namun menurut sumber, informasi tersebut kemungkinan mencakup nama, alamat, alamat email, dan nomor ponsel. Selain itu, konten di backup iCloud, mencakup foto, video, dokumen, kontak, dan pesan, kemungkinan akan bisa diakses oleh pemerintah Rusia.

Ini bukan kali pertama Apple menyimpan data pengguna di server lokal. Tahun lalu, Apple mengambil keputusan serupa di Tiongkok, yang mewajibkan perusahaan harus menyimpan data pengguna di server lokal.

Sumber: Liputan6.com

Reporter: Andina Librianty [faz]

Topik berita Terkait:
  1. Apple
  2. Rusia
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini