7 Bakteri yang Miliki Kemampuan Hebat Layaknya Superhero!

Selasa, 22 Januari 2019 00:01 Reporter : Indra Cahya
7 Bakteri yang Miliki Kemampuan Hebat Layaknya Superhero! Bakteri yang Miliki Kemampuan Hebat. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Dengan ukurannya yang mikorskopik, tak bisa dimungkiri kalau bakteri ada di mana-mana. Meski demikian, tak semua bakteri merupakan makhluk berukuran kecil yang tidak berdaya. Justru, terdapat beberapa jenis bakteri yang memiliki kekuatan super.

Kita mungkin pernah mendengar bakteri yang bisa memakan limbah radioaktif, dan sebagainya. Nah, berikut beberapa makhluk kecil yang memiliki kekuatan super dan layak menyandang gelar superhero karena kekuatannya.

Berikut bakteri yang miliki kemampuan hebat layaknya superhero, seperti dilansir Listverse.

1 dari 7 halaman

Bakteri Adhesif

Bakteri yang Miliki Kemampuan Hebat. ©2019 Merdeka.com

Jika cicak, tokek, atau laba-laba mampu menempel pada permukaan vertikal dengan kakinya, ada sebuah bakteri yang merupakan Spider-Man versi bakteri. Bakteri bernama C. crescentus ini awalnya hidup di air, segala jenis air yang ada di Bumi, lalu mikroba ini bergerak dengan bantuan anggota tubuh bernama flagellum untuk menempel pada permukaan yang ia temui.

Menurut penelitian, C. crescentus ini memiliki kekuatan rekat hingga lima ton per 1 inci persegi. Dengan kata lain, satu petak zat mikroba kecil untuk cukup untuk mengangkat gaja dan beberapa mobil dari tanah.

2 dari 7 halaman

Magnet Hidup

Bakteri yang Miliki Kemampuan Hebat. ©2019 Merdeka.com

Jika mungkin ada superhero yang mampu mengontrol magnet seperti Magneto di seri X-Men, di dunia nyata terdapat bakteri yang mampu mengontrol magnet. Bakteri ini bisa mengontrol medan magnet terdekat, memanipulasi benda-benda logam, serta bergerak hanya dengan memanfaatkan medan magnet Bumi.

Bakteri ini bernama Magnetotatic yang mampu mengakumulasi molekul oksida besi dan menyatukannya untuk membentuk 'kerikil' kecil yang disebut magnetosom. Dengan cara ini, si mikroorganisme ini bisa merasakan medang magnet Bumi dan mampu bergerak sesuai arah kutub berdasarkan banyak atau tidaknya makanan di sana.

Magnetotatic sendiri merupakan superhero dunia nyata. Pasalnya, ilmuwan telah mencoba untuk mengeliminasi bakteria jahat dalam tubuh dengan magnetosom lalu seketika dibunuh dengan memancarkan "panas magnetik". Ahirnya bakteri jahat mati.

3 dari 7 halaman

Komputer Hidup

Bakteri yang Miliki Kemampuan Hebat. ©2019 Merdeka.com

Ternyata bakteri merupakan komputer hidup. Pasalnya ketika bakteri menghancurkan virus musuh, mereka menyimpan sebagian kecil dari DNA virus tersebut di dalam tubuh mereka sendiri. Dengan ini, mikroba tersebut belajar untuk mengenali ancaman serupa di masa depan.

Mengambil keuntungan dari mekanisme tersebut, para ilmuwan dari Universitas Harvard adalah yang pertama kali membudidayakan 600.000 bakteri Escherichia coli. Ketika dicoba untuk dialiri listrik, bakteri tersebut mengaktifkan mekanisme pertahanan mereka, lalu menyerap DNA buatan berisi kode gambar tangan manusia dan video kuda yang telah disiapkan ilmuwan.

Ketika dicek dengan mengurutkan kode genetik si bakteri, gambar yang dihasilkan sama persis dengan file asli, hanya ada sedikit perbedaan piksel.

Hal ini dilakukan lagi oleh banyak ilmuwan dengan memasukkan mulai lagu hingga puisi ke dalam bakteri, dan hasilnya tetap positif.

Selain itu, ditemukan kalau satu gram DNA bisa berisi 455 exabytes, atau 455 milyar gigabytes.

4 dari 7 halaman

Bakteri Nyetrum

Bakteri yang Miliki Kemampuan Hebat. ©2019 Merdeka.com

bakteri elektrogenik adalah mikroorganisme yang secara alami dapat menghasilkan listrik melalui pemindahan elekstron ekstraseluler. Sampai saat ini, sudah ada ratusan spesies bakteri elektrogenik yang ditemukan dan mereka ada di mana-mana.

Salah satu bakteri yang bernama Shewanella oneidensis yang ditemukan di danau di New York adalah salah satu yang unik. Ketika sebagian besar makluk hidup menggunakan oksigen untuk mendapatkan energi, bakteri ini justru menghembuskan logam dan banyak dari bakteri ini bergabung dengan bakteri lain dan merilis filamen panjang yang terhubung ke logam di luar, seperti di batuan.

Bakteri ini lalu melepas elektron dari tubuh mereka ke molekul logam, dan aliran listrik tersebut yang membuat mereka tetap hidup. Dengan kata lain, mereka akan dengan mudah melepas aliran listrik untuk bertahan hidup.

5 dari 7 halaman

Bakteri Pembuat Es

Bakteri yang Miliki Kemampuan Hebat. ©2019 Merdeka.com

Jika di Marvel ada Iceman, bakteri bernama Pseudomonas syringae dapat membekukan air dengan menyentuhnya, bahkan pada suhu di atas titik beku alami.

Bakteri ini sebagian besar hidup di tanaman pertanian, dan untuk makan mereka membekukan jaringan di tanaman tersebut agar dengan mudah mengakses nutrisi mereka. Hal ini merupakan hama karena kerusakan tanaman tidak bisa dielakkan.

Satu bakteri P. Syringae ini saja bisa membekukan air sebanyak 600 mililiter, dan diduga jadi pelaku pembentukan hujan dan salju ketika angin menyeretnya ke atmosfer.

Bakteri ini sekarang telah difungsikan untuk membuat salju di area ski, dan berbagai penelitian bioteknologi.

6 dari 7 halaman

Bakteri Pembunuh Kehidupan

Bakteri yang Miliki Kemampuan Hebat. ©2019 Merdeka.com

Jika diibaratkan superhero, bakteri yang satu ini adalah 'villain.' Pasalnya, bakteri bernama Klebsiella planticola ini hadir di setiap tanaman yang ada di Bumi, dan bertanggungjawab untuk melakukan dekomposi tanaman mati sehingga membersihkan tanah dari sampah organik.

Bakteri ini pernah dimodifikasi oleh ilmuwan agar menghasilkan lebih banyak etanol atau alkohol sehingga dapat menyuburkan tanah. Namun ketika diuji, bakteri ini ternyata punya kapasitas untuk membunuh tanaman karena keracunan dan kelaparan. Hal ini dikarenakan bakteri ini menghasilkan etanol lebih dari yang bisa ditoleransi tanaman, dan meningkatkan keberadaan cacing jauh lebih banyak dari yang cukup untuk menggemburkan tanah.

Akhirnya, bakteri modifikasi ini tak jadi dikomersialkan karena diprediksi bisa membunuh tanaman satu benua jika diteruskan.

7 dari 7 halaman

Bakteri yang Hidup Ratusan Tahun

Bakteri yang Miliki Kemampuan Hebat. ©2019 Merdeka.com

Angka harapan hidup manusia adalah di atas 70 tahun. Beberapa reptil bisa sampai 200 tahun. Pohon ada yang mampu mencapai 5.000 tahun. Namun ada bakteri yang ditemukan ilmuwan telah berumur setengah juta tahun.

Sekelompok ilmuwan dari University of Copenhagen Denmark menemukan sampel bakteri di lapisan es di Kanada, Rusia, dan Antartika. Diestimasikan kalau mikroba tersebut telah berusia 600.000 tahun. Hebatnya, DNA bakteri tersebut masih utuh. Biasanya, bakteri semacam ini tak melakukan apapun dalam hidupnya dan fase hidupnya hanyalah tidak beraktivitas.

Menurut ilmuwan, kunci dari kemampuan bakteri ini untuk bisa hidup lama adalah kemampuan memperbaiki sendiri kerusakan DNA. Hal ini dilakukan dengan energi dari metabolisme bakter [idc]

Baca juga:
Teknologi ini Memungkinkan Sayuran Tumbuh di Luar Angkasa
Demi 'Memanen' Organ, Ilmuwan Kembangkan Hibrida Manusia dan Domba
AI atau Kecerdasan Buatan, Ditakuti atau Diinginkan?
Dosen Farmasi UGM Olah Limbah Cangkang Udang jadi Pestisida Ramah Lingkungan

Topik berita Terkait:
  1. Sains
  2. Penelitian Ilmiah
  3. Top List
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini