Unik, makanan ringan simpan 5 manfaat sehat ini

Rabu, 6 Januari 2016 10:39 Reporter : Siti Rutmawati
Unik, makanan ringan simpan 5 manfaat sehat ini ilustrasi makanan ringan. ©www.livestrong.com

Merdeka.com - Saat kita mendengar kata mengudap alias ngemil, hal pertama yang datang dalam pikiran kita adalah naiknya berat badan. Sebenarnya, mendapatkan makanan ringan bukanlah hal yang buruk. Hanya saja, kamu perlu memilih makanan ringan yang tepat agar tubuh tetap mendapatkan nutrisi. Makanan ringan yang sehat dapat menambah serat dan nutrisi untuk diet tanpa menambahkan pada kalori ekstra.

Tak hanya itu, mengudap juga menyimpan beberapa manfaat sehat yang tak pernah kamu duga sebelumnya. Melansir dari boldsky.com, berikut ini merupakan manfaat sehat yang bisa kamu dapatkan dari mengonsumsi makanan ringan sehat alias mengudap.

1. Mengontrol nafsu makan

Punya nafsu makan berlebih? Mendapatkan sayuran dan buah sebagai makanan ringan akan menolong kamu dari keinginan untuk mendapatkan porsi makanan ekstra. Sebagai manfaat tambahan, makanan ini bantu kamu mengurangi kalori.

2. Tambahan energi dan nutrisi

Kemudahan untuk mendapatkan makanan cepat saji membuat kamu kehilangan nutrisi sebenarnya yang dibutuhkan oleh tubuh, karena kamu lebih memilih makanan yang tidak sehat. Tetapi, kamu bisa sedikit memberikan pertolongan pada tubuh dengan mendapatkan kudapan alias makanan ringan sehat agar tubuh mendapatkan kembali energi yang dibutuhkan.

3. Mengontrol rasa lapar

Mengudap di antara waktu makan dapat membantu kamu mengontrol rasa lapar. Cara ini cukup ampuh untuk mengurangi rasa lapar berlebih. Cara ini juga membantu kamu untuk mengontrol keinginan untuk terus mendapatkan makanan.

4. Mengontrol tingkat insulin

Mungkin kamu tak menyangka, tetapi tingkat insulin juga tergantung pada kudapan yang kamu konsumsi. Mengonsumsi kudapan dengan kadar gula yang rendah akan menurunkan dan juga menjagakadar gula darah kamu.

5. Meningkatkan kerja otak

Mengonsumsi kudapan yang kaya akan protein akan membantu meningkatkan kerja otak, karena membantu otak lebih aktif dengan adanya bahan bakar yang tersedia dari simpanan energi tubuh. Kondisi akan membantu kamu meningkat konsentrasi.

Nah, kamu tak menyangka, bukan? Makanan ringan alias kudapan yang selama ini kamu hindari ternyata memberikan manfaat sehat bagi tubuh kamu secara keseluruhan. Tetapi, jangan lupa bahwa hal ini berlaku jika kamu mendapatkan camilan yang sehat.

[SRA]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini