Tanda-tanda kehamilan: hamil muda, hamil anak laki atau perempuan, dan hamil kosong

Selasa, 22 Mei 2018 09:40 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Tanda-tanda kehamilan: hamil muda, hamil anak laki atau perempuan, dan hamil kosong ilustrasi kehamilan. ©www.huffingtonpost.com

Merdeka.com - Terjadinya kehamilan merupakan sesuatu yang ditunggu-tunggu bagi pasangan yang sudah menikah. Entah itu yang baru saja menikah hingga yang sudah lama menikah.

Bagi Anda yang baru pertama kali hamil, tentu akan merasa kebingungan dengan kemungkinan munculnya tanda-tanda kehamilan di dalam tubuh. Agar tidak bingung, berikut adalah penjelasan tentang munculnya tanda-tanda kehamilan baik kehamilan muda, kehamilan anak perempuan atau anak laki-laki, hingga kehamilan kosong.

Tanda-tanda kehamilan sebelum telat haid

Ilustrasi test pack 2017 i.huffpost.com

Telatnya haid atau datang bulan memang adalah salah satu tanda-tanda kehamilan yang utama. Namun, ada juga lho beberapa gejala atau tanda-tanda kehamilan lainnya yang muncul sebelum kamu telat haid. Berikut penjelasannya:

Mudah lelah
Rasa mudah lelah tanpa sebab seringkali muncul di awal gejala kehamilan. Kelelahan umumnya terjadi karena meningkatnya kadar progesteron dalam tubuh, meningkatnya detak jantung, dan perubahan di sistem metabolisme tubuh. Hindari mengatasi kelelahan ini dengan mengonsumsi kafein karena bisa membahayakan janin.

Sering pusing
Pusing kerap menyertai rasa lelah yang datang sebagai tanda-tanda kehamilan akibat menurunnya tekanan darah dan menyempitnya pembuluh darah.

Munculnya bercak darah
Terkadang di tanda-tanda kehamilan awal seringkali munculnya bercak-bercak darah yang keluar dari vagina. Bercak darah yang keluar menjadi tanda menempelnya sel telur yang sudah dibuahi pada dinding rahim.

Sering mual dan muntah
Mual dan muntah seringkali menjadi tanda-tanda kehamilan yang utama. Hal ini biasanya terjadi di pagi hari karena menumpuknya asam lambung selama Anda tidur. Untuk mencegahnya, jangan biarkan perutmu kosong dengan cara makan sedikit demi sedikit namun sering.

Hilangnya nafsu makan
Meningkatkan kadar hormon di awal kehamilan, seringkali membuat wanita kehilangan nafsu makan.

Konstipasi
Perubahan hormon yang menyertai tanda-tanda kehamilan akan menyebabkan kerja sistem pencernaan melambat sehingga membuatmu mengalami konstipasi.

Sering buang air kecil
Jika diamati, tanda-tanda kehamilan di awal akan membuat wanita lebih sering buang air keci. Sebabnya pembesaran rahim akan menekan kantong kemih.

Perubahan payudara
Perubahan serangkaian hormon juga membuat payudara jadi lebih padat, sensitif, dan lebih kencang. Puting akan lebih menonjol serta berwarna lebih gelap.

Sensitif terhadap aroma tertentu
Munculnya rasa mual karena sensitif terhadap aroma tertentu terjadi karena indera penciuman yang lebih tajam dari biasanya.

Mood swing
Mood swing atau perubahan suasana hati yang mendadak jelas akan terjadi di awal kehamilan akibat perubahan hormon.

Tanda-tanda kehamilan muda 1 minggu

ilustrasi hamil di usia muda maltatoday.com

Setelah mengalami tanda-tanda kehamilan di atas yang disertai dengan terlambat datang bulan, Anda pun melakukan tes kehamilan dengan hasil yang positif.

Nah, di kehamilan muda ini ada pula beberapa tanda-tanda kehamilan yang menyertainya seperti penjelasan berikut ini:

Mual

Mual menjadi tanda-tanda kehamilan muda yang biasanya berlangsung hingga di minggu kedua belas. Meski mual biasanya lebih sering terjadi saat di pagi hari, namun ada pula wanita yang mengalami mual sepanjang hari.

Untuk mengatasinya, hindari aroma yang bisa memicumu untuk mengalami mual, makan dengan porsi sedikit namun sering, dan perbanyak minum air putih sebab mual biasanya juga disertai dengan muntah yang bisa menyebabkan dehidrasi.

Kram

Kram yang muncul di kehamilan muda rasanya tidak jauh berbeda dengan kram yang biasanya kamu alami menjelang menstruasi. Namun jika kram yang terjadi lebih sakit daripada kram biasanya dan disertai dengan kontraksi yang terjadi setiap 5 hingga 20 menit sekali, ada baiknya Anda memeriksakan kondisi ini pada dokter kandungan.

Pendarahan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pendarahan terjadi sebagai tanda dari embrio yang menempel di dinding rahim. Namun Anda tetap perlu waspada jika pendarahan yang terjadi berwarna merah terang atau merah mudah dan munculnya keputihan yang menyerupai gumpalan darah. Apalagi jika disertai dengan rasa kram yang menyiksa.

Keputihan

Keputihan memiliki fungsi untuk menjaga sistem reproduksi agar tetap bersih dan bebas infeksi. Keputihan yang muncul di masa awal kehamilan juga memiliki tugas untuk melindungi sistem reproduksi Anda dari infeksi. Namun Anda perlu waspada jika keputihan yang Anda alami berjumlah banyak, berwarna kuning atau hijau, berbau tidak sedap, dan disertai dengan nyeri.

Tanda-tanda kehamilan anak laki-laki

Ilustrasi hamil 2013 Merdeka.com/Shutterstock/Subbotina Anna

Salah satu hal yang paling dinantikan saat hamil adalah menebak jenis kelamin bayi yang dikandung. Ada beberapa pasangan yang ingin memiliki anak laki-laki, ada pula yang mendambakan lucu dan menggemaskannya anak perempuan.

Apakah Anda dan pasangan termasuk pasangan yang ingin memiliki anak laki-laki sebagai anak pertama? Jika ya, berikut adalah tanda-tanda kehamilan saat Anda mengandung anak laki-laki.

Morning sickness

Umumnya kehamilan membuat ibu hamil seringkali mengalami mual dan muntah. Namun jika Anda jarang mengalaminya, maka bisa jadi Anda sedang mengandung anak laki-laki.

Detak jantung

Detak jantung juga bisa menjadi indikator dari jenis kelamin bayi yang Anda kandung. Jika detak jantung bayi Anda tetap di bawah 140 denyut per menit, ini bisa menandakan Anda hamil bayi laki-laki.

jerawat

Munculnya jerawat secara membabi buta adalah tanda Anda hamil bayi laki-laki.

Ngidam

Wanita hamil yang seringkali ngidam atau ingin mengonsumsi makanan asam atau asin berkesempatan besar untuk hamil anak laki-laki.

Posisi perut

Bentuk dan posisi perut adalah tanda-tanda kehamilan lainnya yang bisa menjadi indikator jenis kelamin bayi yang dikandung. Perut yang cenderung menurun menandakan Anda hamil anak laki-laki.

Perubahan sifat

Wanita yang hamil anak laki-laki seringkali mengalami perubahan sifat seperti jadi lebih agresif, berani, dan dominan. Hal ini terjadi karena dipengaruhi peningkatan kadar testosteron dalam tubuh.

Warna urin

Anda juga bisa mengetahui jenis kelamin bayi yang dikandung dari warna urin. Kehamilan bayi laki-laki cenderung membuat urin berwarna lebih gelap.

Ukuran payudara

Saat hamil, payudara memang akan cenderung membesar karena dipersiapkan untuk memberikan suplai ASI. Saat Anda hamil anak laki-laki, payudara sebelah kanan akan jadi lebih besar daripada payudara kiri.

kaki mudah dingin

Kaki yang mudah terasa dingin selama kehamilan jadi tanda-tanda kehamilan anak laki-laki.

Pertumbuhan rambut

Wanita yang hamil anak laki-laki cenderung memiliki pertumbuhan rambut yang lebih cepat daripada biasanya.

Posisi tidur

Selama kehamilan, kamu memang akan mudah mersa lelah. Dan jika saat tidur Anda lebih banyak tidur dengan posisi miring ke sisi kiri, maka menandakan bahwa Anda hamil anak laki-laki.

Tangan kering

Selain kaki dingin, tangan yang kering juga menandakan bahwa Anda sedang hamil anak laki-laki.

Naiknya berat badan

Ketika hamil anak laki-laki, berat badan yang bertambah akan terlihat sebagian besar di perut. Berbeda jika hamil anak perempuan dimana berat badan didistribusikan ke seluruh tubuh, termasuk wajah.

Itulah tanda-tanda kehamilan anak laki-laki. Lalu, bagaimana dengan kehamilan anak perempuan? Berikut penjelasannya.

Tanda-tanda kehamilan anak perempuan

Ilustrasi hamil 2015 Merdeka.com/shutterstock

Morning sickness

Kehamilan anak perempuan membuat ibu hamil sering mengalami morning sickness atau mual yang berlebih. Hal ini berkaitan dengan peningkatan kadar hormon dan gula darah yang menurun selama kehamilan.

Detak jantung

Jika detak jantung bayi Anda tinggi atau lebih dari 140 detak per menit, kemungkinan Anda hamil anak perempuan.

Kulit berjerawat dan berminyak

Selain jerawat yang banyak muncul, hamil anak perempuan juga membuat kulit jadi mudah berminyak.

Ngidam

Kehamilan akan perempuan akan membuat ibu hamil lebih sering menginginkan makanan manis daripada makanan pedas atau asam.

Posisi perut

Jika Anda hamil anak perempuan, posisi perut akan nampak lebih tinggi.

Perubahan sifat

Hamil anak perempuan seringkali membuat ibu hamil mengalami perubahan suasana hati yang ekstrim seperti mudah marah, depresi, serta mudah sedih.

Ukuran payudara

Ukuran payudara yang bertambah dramatis atau yang sebelah kiri nampak lebih besar daripada payudara kanan.

Pertumbuhan rambut

Jika hamil anak laki-laki membuat pertumbuhan rambut menjadi pesat, maka kehamilan anak perempuan akan membuat rambut jadi berkilau.

Warna urin

Warna urin bisa menjadi indikator jenis kelamin bayi yang dikandung. Warna urin kuning kusam menandakan bahwa Anda sedang hamil anak perempuan.

Tanda-tanda kehamilan kosong

Ilustrasi hamil shutterstock.com/Dmitry Kalinovsky

Selain kehamilan yang normal terjadi, ada pula gangguan kehamilan lain yang sering mengakibatkan komplikasi kehamilan dan muncul istilah kehamilan kosong.

Kehamilan kosong berbeda dengan kehamilan di luar kandungan. Kehamilan kosong terjadi saat embrio sebagai hasil pembuahan sel sperma dan sel telur tidak berkembang dengan baik. Tanda-tanda kehamilan kosong sama seperti kehamilan pada umumnya. Ibu hamil akan mengalami mual, muntah, pusing, dan tentunya terlambat menstruasi.

Namun biasanya wanita hamil akan mempunyai firasat bahwa kehamilannya tidak berkembang dengan baik. Oleh karena itu wajib dilakukan pemeriksaan yang biasanya dilakukan saat kandungan berusia 7-8 minggu. Dengan demikian dokter bisa melakukan pemeriksaan USG untuk melihat apakah sel telur yang dibuahi ini bisa berkembang menjadi embrio atau tidak. [feb]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini