Sering Keliru, 3 Penyakit Ini Kerap Disalahpahami Hanya Sebagai Demam

Senin, 13 Januari 2020 00:43 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Sering Keliru, 3 Penyakit Ini Kerap Disalahpahami Hanya Sebagai Demam Ilustrasi demam. ©2015 Merdeka.com/shutterstock

Merdeka.com - Salah satu masalah kesehatan yang kerap kita alami sehari-hari adalah demam. Pada dasarnya kondisi ini merupakan infeksi virus yang terjadi pada saluran pernapasan atas.

Walau tidak begitu berbahaya, kondisi ini bisa membuatmu jadi tak nyaman selama beberapa waktu. Ketika mengalami hal ini kamu mungkin mengalami ingus yang tak henti, sakit tenggorokan, batuk, hidung tersumbat, sakit kepala, rasa sakit di seluruh tubuh, bersin, panas tubuh meningkat, serta kondisi tak nyaman lain.

Demam yang biasa terjadi memiliki gejala yang bisa sangat seragam pada semua orang. Namun terdapat sejumlah penyakit yang juga memiliki gejala yang sama dengan demam ini.

Kesamaan gejala antara demam dengan berbagai penyakit ini sering menjadikannya salah dan tertukar. Dilansir dari The Healt Site, berikut sejumlah penyakit yang kerap diduga sebagai demam.

1 dari 3 halaman

Pneumonia

Pneumonia merupakan kondisi ketika infeksi menyebabkan peradangan pada salah satu kantung paru-paru atau keduanya. Sebagai hasilnya, kantung paru-paru ini mungkin terisi dengan cairan atau nanah sehingga menyebabkan batuk dengan demam, meriang, serta susah bernapas.

Pada tahap awal, gejala pneumonia ini bisa sangat serupa dengan demam biasa terutama adanya batuk dan badan panas. Walau begitu, ketika gejala bertambah buruk, batuk bakal semakin parah dan badan memanas.

2 dari 3 halaman

Faringitis

Faringitis merupakan istilah medis yang digunakan untuk menyebut sakit tenggorokan. Masalah kesehatan ini sangat rentan dialami oleh seseorang terutama setelah demam.

Pada faringitis, peradangan ini bisa menyebabkan rasa tak nyaman, kering, dan sulit menelan. Pada beberapa pasien, ada hal yang bisa membedakannya dari demam yaitu berupa mual, muntah, serta sejumlah gejala lainnya.

3 dari 3 halaman

Rhinitis

Rhinitis merupakan iritasi dan peradangan pada membran lendir di dalam hidung. Gejala dari masalah ini termasuk hidung buntu dan berair serta sering bersin-bersin.

Gejala dari penyakit ini sangat mirip dengan yang biasa muncul ketika demam. Masalah ini terutama hidung mampat bisa muncul ketika udara dingin atau terdapat stimuli yang buruk. Selain itu ada juga masalah berupa nyeri pundak, rasa melayang, serta pusing.

Tiga penyakit tersebut sering hanya dianggap sebagai demam karena gejala yang sama. Sebaiknya ketika kamu merasa bahwa demam yang kamu alami cukup berbeda, segera konsultasi dengan dokter untuk menanganinya. [RWP]

Baca juga:
Wabah Pneumonia dari Wuhan Dipastikan Bukan SARS, Wujud Aslinya Masih Diselidiki

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini