Secara Medis, Ini Alasan Mengapa Pantang Bercinta Saat Menstruasi

Minggu, 16 Februari 2020 18:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Secara Medis, Ini Alasan Mengapa Pantang Bercinta Saat Menstruasi Ilustrasi menstruasi. ©Shutterstock.com/Ivancovlad

Merdeka.com - Pada saat menstruasi tiba, pasangan suami-istri biasanya akan berhenti bercinta untuk sementara waktu. Secara medis berhenti bercinta pada saat tersebut memang sangat tepat untuk dilakukan.

Berhubungan badan ketika sedang datang bulan ternyata memiliki banyak risiko baik bagi diri sendiri maupun pasangan. Alasan utama yang membuat berhubungan seks saat menstruasi tidak dianjurkan yaitu karena kebersihan.

Dr. dr. Kanadi Sumapraja, Sp. OG-KFER, M.Sc, dokter spesialis kebidanan dan kandungan Konsultan Fertilitas, Endokrin dan Reproduksi RS Pondok Indah menjelaskan berhubungan badan saat istri menstruasi akan membuat darah yang keluar kembali masuk. Jika hal tersebut terjadi, istri akan berisiko mengalami endometriosis atau kondisi ketika jaringan yang membentuk lapisan dalam dinding rahim tumbuh di luar rahim.

“Pembuluh darah rahim saat mens kan sedang terbuka, jadi kalau ada transmisi kuman, maka kuman dapat masuk ke dalam aliran darah. Risiko infeksinya sangat tinggi,” ujar Dr. Kanadi.

1 dari 1 halaman

Alternatif Jika Tetap Ingin Melakukan

Meski tak disarankan, ada cara jika memang hasrat berhubungan pasangan suami istri sangat tinggi. Bukan dengan memakai kondom, pasangan bisa menggunakan alat kontrasepsi Cervical Cup.

Dia seperti helm, ditaro di mulut rahim. Maka darah haid akan tertampung di situ, sehingga lelaki bisa melakukan hubungan dengan nyaman tanpa belepotan darah. Itu mungkin bisa dilakukan, tutur Dr. Kanadi.

Penggunaan kondom bisa menyebabkan meningkatnya risiko retrogede menstruation. Kondisi ini terjadi ketika aliran darah mens berbalik arah ke dalam perut sehingga bisa memicu endometriosis.

Reporter: Cindy Azari/Editor: Dwi Ratih
Sumber: Dream.co.id [RWP]

Baca juga:
Adakah Aroma yang Muncul dari Organ Vital Milik Pria?
Manis di Bibir Pahit di Ranjang, 4 Dampak Negatif dari Konsumsi Gula Berlebih
Kejantanan Tiba-Tiba Menegang, Begini 5 Cara Ampuh untuk Menjinakkannya
Makanan Rendah Lemak Bisa Jadi Menurunnya Testosteron pada Pria
Konsumsi Minyak Ikan Bisa Jadi Cara Bagi Pria untuk Tingkatkan Kesuburan
Rutin Bercinta Bisa Bantu Wanita Tunda Terjadinya Menopause

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Menstruasi
  3. Pengetahuan Seks
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini