Sahur Mi Instan Bisa Buat Badan Jadi Lemas Ketika Berpuasa

Senin, 13 Mei 2019 18:30 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Sahur Mi Instan Bisa Buat Badan Jadi Lemas Ketika Berpuasa Ilustrasi mie instan. Shutterstock/Bohbeh

Merdeka.com - Salah satu menu sahur yang paling mudah untuk disantap dan dibuat adalah mi instan. Baik karena waktu persiapan sahur yang mepet atau karena kepraktisannya, mi instan seakan tak bisa menghilang dari meja makan.

Walaupun praktis, panganan yang satu ini telah lama diketahui memiliki sejumlah dampak negatif. Pada bulan puasa ini, konsumsi mi instan bisa membuat puasa tidak optimal. Pasalnya, jika mi instan tidak disertai dengan hidangan lain maka hal ini bisa membuat tubuh tak bertenaga saat berpuasa.

"Mi instan itu bahan dasarnya tepung. Jadi sangat mudah dicerna, membuat kita akan cepat lapar kembali. Selain itu juga menggunakan bahan pengawet, tidak bagus untuk kesehatan," kata ahli gizi, Inayah Budiasti.

Inayah mengatakan bahwa makanan yang diawetkan seperti mi instan mengandung nutrisi rendah. Sebaiknya dihindari makan yang tidak mengandung serat saat sahur, termasuk mi instan.

"Tubuh akan tidak lapar dan lemas, jika kita konsumsi jenis makanan berbahan serat, seperti buah, sayur dan gandum, makanan seperti ini lebih lama tinggal di dalam lambung," ujarnya.

Walau begitu ada tips agar mi instan ini bisa tetap dinikmati walau dikonsumsi untuk sahur. Agar tidak lemas dan lapar, sebaiknya konsumsi mi instan bersamaan dengan sumber serat lainnya.

Reporter: Cynthia Amanda Male
Sumber: Dream.co.id [RWP]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini