Menurut Penelitian, Ini Makanan yang Bisa Tingkatkan Jumlah Sperma

Selasa, 25 Februari 2020 19:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Menurut Penelitian, Ini Makanan yang Bisa Tingkatkan Jumlah Sperma Ilustrasi sperma. www.google.com

Merdeka.com - Sebuah penelitian terbaru membuktikan bagaimana hubungan yang lekat antara pola makan sehat dengan kualitas sperma. Pola makan yang tepat ini benar-benar bermanfaat positif bagi perkembangan sperma.

Dilansir dari Medical Xpress, penelitian ini dilakukan terhadap lebih dari 2.900 pria di Denmark dengan rata-rata usia 19 tahun. Dari penelitian ini diketahui bahwa kualitas makanan yang baik bisa meningkatkan jumlah sperma lebih banyak.

Diketahui bahwa partisipan yang memiliki pola makan sehat dengan konsumsi ikan, ayam, sayur, buah, dan air memiliki jumlah sperma lebih banyak. Hal ini diketahui ketika dibandingkan dengan mereka yang bisa mengonsumsi makanan olahan, daging merah, cemilan, serta minuman berpemanis.

"Karena melakukan pola makan yang sehat secara umum merupakan perilaku yang bisa diubah. Hasil temuan kami menyebutkan kemungkinan melakukan perubahan pola makan sebagai cara untuk meningkatkan kualitas sperma pada pria usia reproduktif." terang Feiby Nassan dari Harvard T.H. Chan School of Public Health, Boston.

Jumlah sperma bisa mempengaruhi kesuburan. Pasalnya, jumlah sperma yang sedikit bisa menurunkan peluang menghamili pasangan.

"Sangat berguna bagi kesuburan pria untuk mengikuti pola makan yang sehat," terang Nassan.

1 dari 1 halaman


Dalam penelitian ini, tim peneliti membandingkan jumlah sperma antara pria yang mengunsumsi makanan sehat, vegetarian, pola makan Denmark, serta pola makan barat.

Diketahui bahwa pola makan sehat yang tetap mengonsumsi daging bisa membuat jumlah sperma pria lebih tinggi. Sebaliknya, pola makan barat membuat jumlah sperma pria paling sedikit. Pola makan barat juga menurunkan tingat hormon seksual yang meningkatkan kesuburan.

Dr. Christine Mullin dari North Shore University Hospital di Manhasset, N.Y. mengungkap bahwa masih sedikit penelitian yang membahas mengenai kesuburan ini. Walau temuan ini belum tentu bisa sesuai di negara lain, tapi dia menyebut bahwa hal ini merupakan temuan berharga. [RWP]

Baca juga:
Secara Medis, Ini Alasan Mengapa Pantang Bercinta Saat Menstruasi
Adakah Aroma yang Muncul dari Organ Vital Milik Pria?
Manis di Bibir Pahit di Ranjang, 4 Dampak Negatif dari Konsumsi Gula Berlebih
Kejantanan Tiba-Tiba Menegang, Begini 5 Cara Ampuh untuk Menjinakkannya
Makanan Rendah Lemak Bisa Jadi Menurunnya Testosteron pada Pria
Konsumsi Minyak Ikan Bisa Jadi Cara Bagi Pria untuk Tingkatkan Kesuburan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini