Ini Waktu Paling Tepat Berapa Lama Kamu Harus Menyikat Gigimu Setiap Hari

Minggu, 26 Mei 2019 18:15 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Ini Waktu Paling Tepat Berapa Lama Kamu Harus Menyikat Gigimu Setiap Hari ilustrasi sikat gigi. ©www.ckmetrophotos.com

Merdeka.com - Menyikat gigi merupakan salah satu cara paling baik dan utama untuk menjaga kesehatan gigi. Kebiasaan ini juga sudah mulai kita lakukan sejak gigi mulai tumbuh hingga saat ini.

Walau sudah dilakukan hampir seumur hidup, namun banyak orang memiliki cara dan lama waktu yang berbeda-beda untuk menyikat gigi ini. Namun sesungguhnya berapa lama waktu yang ideal untuk menyikat gigi ini sesungguhnya?

Dilansir dari Times of India, disebut bahwa setidaknya kamu harus menyikat gigimu selama dua menit sebanyak dua kali setiap hari. Walau memang dua menit ini terdengar tak lama, namun ketika tengah menyikat kamu pasti sering melakukannya tak sampai selama itu.

Untuk memastikan kamu menyikat gigi selama dua menit, kamu bisa menggunakan pencatat waktu atau memutar lagu dengan durasi lebih dari dua menit. Selain itu pastikan kamu menggunakan sudut menyikat dan jenis sikat yang tepat serta jangan menekannya berlebihan.

Sebuah studi yang diterbitkan pada Journal of Dental Hygiene mengatakan bahwa semakin lama kamu menyikat gigi, semakin banyak plak yang bisa hilang. Namun penting juga bagimu untuk memiliki batasan waktu.

Hasil penelitian ini mencatat efek dari menyikat gigi terhadap plak mulai dari 30 detik hingga 3 menit. Diketahui bahwa orang yang menyikat gigi selama 45 detik kehilangan lebih sedikit plak dibanding mereka yang menyikat selama 2 menit.

Selain menyikat gigi setiap hari, penting juga untuk melakukan flossing pada gigi dan menggunakan mouthwash. Hal ini bisa membantu menjaga kesehatan mulut secara lebih lengkap dan sempurna. [RWP]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini