Ini Hal yang Wajib Kamu Ketahui dalam Memilih Makanan Usai Olahraga

Jumat, 5 April 2019 00:18 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Ini Hal yang Wajib Kamu Ketahui dalam Memilih Makanan Usai Olahraga Ilustrasi makan makanan sehat. ©2018 Merdeka.com/Pexels

Merdeka.com - Usai berolahraga, kerap dialami perut kita kemudian merasa keroncongan dan kembali lapar. Namun di saat yang sama, kalian juga menyadari bahwa mengonsumsi makanan berat juga tak tepat karena dapat membuat hasil dari olahraga jadi terbuang sia-sia sehingga akhirnya kalian putuskan untuk ngemil saja.

Dilansir dari Medical Daily, sebuah penelitian dari University of Nebraska-Lincoln menyebut bahwa yang paling penting bukanlah jenis cemilan yang kamu konsumsi. Dari temuan tersebut diketahui bahwa hal yang lebih penting adalah kapan kamu mengonsumsinya.

Dari penelitian ini disebut bahwa pemilihan timing merupakan hal yang paling penting. Temuan ini didapat dari eksperimen sederhana yang dilakukan oleh Karsten Koehler dan Christopher Gustafson.

Dalam eksperimen tersebut, partisipan dibagi menjadi dua kelompok. Masing-masing kelompok diminta untuk memilih antara apel, brownies coklat, atau tidak ada camilan sama sekali. Perbedaan yang terjadi, satu kelompok diminta untuk memilih makanan sebelum berolahraga sedangkan kelompok lainnya diminta memilih setelah berolahraga.

Apel dipilih oleh 74 persen dari mereka yang diminta memilih sebelum berolahraga sedangkan hanya 55 persen dari mereka yang memilih setelah berolahraga. Dengan kata lain, semakin kamu menunda pilihan, kamu bakal cenderung untuk memilih makanan yang kurang nutrisi.

"Jika tujuanmu untuk menurunkan bobot, maka saya akan mengatakan bahwa temuan kami mendukung bahwa sebaiknya kamu tidak membuat keputusan ketika lapar setelah berolahraga, namun sebaiknya sebelum pergi ke gym," jelas Koehler yang juga merupakan asisten profesor pada departemen pengetahuan nutrisi dan kesehatan.

Menariknya, beberapa individu tertentu malah mengalami efek yang berlawanan. Penelitian menyebut bahwa sejumlah orang mengalami olahraga yang menyebabkan anoreksia ketika merasa kurang lapar setelah berolahraga karena menurunkan nafsu makan disebabkan hormon.

Walau bagaimanapun, kamu harus minum cukup air dan juga makan 30 menit setelah berolahraga untuk memastikan tubuh benar-benar pulih seluruhnya. Walaupun melewatkannya tidak berbahaya, namun melakukannya secara reguler dapat mempengaruhi olahraga yang kamu lakukan dan kesehatan secara keseluruhan.

"Beberapa orang hanya akan merasakan kelelahan, namun pada beberapa orang dapat mengalami disorientasi karena gula darah rendah," jelas Jennifer Beck dari University of California, Los Angeles.

Kamu sebaiknya mengonsumsi kudapan yang menyediakan kombinasi dari makanan tinggi protein dan karbohidrat. Jika olahraga yang kamu lakukan cukup intens, pakar makanan menyarankan untuk menambah buah baik yang segar dan dikeringkan. [RWP]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini