Ini dia cara bedakan bintik biasa dan bintik calon kanker

Rabu, 11 November 2015 17:24 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Ilustrasi memeriksa bintik di kulit. Shutterstock/Africa Studio

Merdeka.com - Seperti disebutkan dalam banyak majalah kesehatan, Anda harus mewaspadai bintik-bintik yang muncul di permukaan kulit secara tiba-tiba. Bintik-bintik tersebut ditengarai adalah gejala awal dari penyakit kanker kulit. Tentu saja fakta ini bisa menimbulkan ketakutan dalam diri Anda.

Bintik-bintik yang dikenal dengan melanoma ini terjadi ketika sel-sel normal di dalam kulit berubah menjadi sel abnormal yang tumbuh di luar kendali. Melanoma sering terlihat seperti tahi lalat berwarna cokelat atau hitam.

Selain itu, Anda patut mewaspadai apabila melanoma ini muncul secara tiba-tiba dan bukan merupakan tanda lahir. Melanoma ini dapat berkembang menjadi gejala kanker apabila ukurannya melebihi 10 mm (tanda lahir atau tahi lalat biasa berukuran kurang dari 10 mm). Tak hanya itu saja, Anda juga patut waspada apabila kulit yang terkena melanoma bengkak memerah hingga berkerak. Melanoma yang menjadi gejala kanker kulit juga mempunyai kecenderungan untuk terus bertumbuh dan menjalar mengikuti jaringan kulit.

Melanoma penyebab kanker dapat dicegah dengan berbagai cara. Salah satu cara yang paling umum adalah melindungi kulit dari sinar matahari dengan memakai tabir surya. Hindari pula terkena sinar matahari di tengah hari antara pukul 10.00 - 16.00. [feb]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini