Hindari Penggunaan Tas di Satu Sisi Bahu Karena Risiko Kesehatan Jangka Panjang

Rabu, 23 Oktober 2019 14:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Hindari Penggunaan Tas di Satu Sisi Bahu Karena Risiko Kesehatan Jangka Panjang Ilustrasi tas. ©2018 Merdeka.com/Pixabay

Merdeka.com - Menggunakan tas dengan cara disampirkan di bahu merupakan kebiasaan yang banyak dilakukan. Namun ternyata sekecil apa pun tas yang kamu gunakan, hal ini tak baik untuk kesehatan tulang terutama tulang belakang.

Apalagi jika kamu hanya menaruh tas di bahu sebelah kanan atau kiri. Selain itu, kebiasaan ini akan menekan sebelah kaki dan bisa berdampak kesehatan tubuh secara keseluruhan.

“Kalau sering menaruh tas di bahu kanan, kaki kiri akan lebih stres. Organ tubuh di sebelah kanan juga akan tertekan dan metabolismenya kurang lancar, seperti pencernaan makanan, tekanan darah. Jadi bisa menyebabkan sulit buang air juga,” kata Private Yoga Instructor, Astrid Amalia di Tanamera, Jakarta Selatan.

Kebiasaan ini harus segera dihentikan. Terutama ketika usia sudah memasuki akhir 30an. Apa alasannya?

“Dari usia 40 harus sudah mulai berhenti bawa tas seperti itu karena pencernaan mulai melambat dan berbagai problem sudah muncul. Jadi harus dibiasakan dari usia muda," ujar Astrid.

1 dari 1 halaman

Seimbang dan Latihan

Mulai sekarang selalu seimbangkan beban di bahu kanan dan kiri. Termasuk ketika memakai tas ransel.

Sesekali pakai tas tangan boleh atau bisa juga ganti-ganti, senin ransel, besok tas, jadi tidak 100 persen, pesan Astrid

Kamu pun bisa melatih kekuatan tulang dan keseimbangan tubuh dengan banyak berjalan kaki dan menjalani pola hidup sehat. Caranya juga sangat mudah.

Bisa melakukan latihan naik turun tangga dan duduk dengan kaki terbuka supaya tubuh lebih rilekss di bagian kanan maupun kiri, tandasnya.

Reporter : Cynthia Amanda Male
Sumber: Dream.co.id [RWP]

Baca juga:
Merokok dan Minum Alkohol Bisa Picu Munculnya Osteoporosis Lebih Dini
Sejumlah Mitos Mengenai Kesehatan Tulang yang Terbukti Salah
Manfaat Tak Terduga yang Bisa Kamu Peroleh dari Mengonsumsi Teh Secara Rutin
Sederet Masalah Kesehatan yang Mengancam dari Penggunaan Sandal Jepit Terlalu Lama
Masalah Kesehatan di Film Glass yang Berasal dari Penyakit di Dunia Nyata

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini