Bisa Sebabkan Disfungsi Ereksi, Berikut Sejumlah Dampak Mengejutkan Kurang Minum Air

Selasa, 1 Oktober 2019 12:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Bisa Sebabkan Disfungsi Ereksi, Berikut Sejumlah Dampak Mengejutkan Kurang Minum Air Ilustrasi minum air putih. ©2018 Merdeka.com/Pixabay

Merdeka.com - Konsumsi air putih yang cukup dan tepat merupakan sebuah hal yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Asupan air yang kamu miliki bisa sangat menentukan kesehatanmu secara keseluruhan.

Tubuh seseorang memiliki kandungan air sebesar 60 hingga 70 persen. Oleh karena itu asupan air yang cukup pada tubuh sangat penting untuk menjaga tubuh berfungsi secara tepat.

sayangnya, sejumlah kebiasaan yang dimiliki oleh seseorang membuat kadang asupan air yang dimiliki berada di bawah kebutuhan. Konsumsi minuman tertentu juga malah bisa membuat tubuh jadi mengalami dehidrasi.

Jumlah asupan air yang tepat dimiliki seseorang sangat bergantung pada beberapa hal. Ukuran tubuh serta aktivitas yang dilakukan seseorang sehari-hari bisa membuat kebutuhan air jadi berbeda-beda.

Kurangnya asupan air bisa menimbulkan sejumlah dampak yang tak main-main. Dilansir dari the Health Site, berikut sejumlah dampak kesehatan yang dialami seseorang ketika kekurangan air.

1 dari 11 halaman

Disfungsi Ereksi

Tanpa air yang cukup, jumlah sel darah dan plasma pada tubuh menurun. Hal ini menyebabkan masalah pada aliran darah di seluruh tubuh termasuk pada penis. Hal ini menyebabkan dampak mengejutkan berupa disfungsi ereksi pada dirimu.

2 dari 11 halaman

Mata Kering

Kurangnya asupan air membuat tubuh mencoba menjaga jumlah air pada sistem tubuh. Salah satu cara menjaga asupan air adalah dengan menyerap air mata sehingga mata kurang terlubrikasi dan terlindungi. Hal ini bisa menyebabkan terjadinya berbagai masalah mata termasuk menjadi kering.

3 dari 11 halaman

Bibir Kering

Bibir kering menjadi tanda kurangnya asupan air dalam tubuh. Rasa haus yang muncul bisa jadi tanda awal yang kemudian diikuti bibir mengering. Hal ini bakal hilang usai kamu cukup minum air.

4 dari 11 halaman

Sakit Kepala

Kurangnya jumlah asupan air pada sistem tubuh membuat otak menyusut dan berdampak munculnya sakit kepala. Hal ini bakal sirna ketika kamu mengonsumsi air dalam jumlah cukup.

5 dari 11 halaman

Muncul Rasa Lelah

Kurangnya air bisa menyebabkan munculnya rasa lelah pada tubuh bahkan usai bangun tidur. Kurangnya air membuat sistem memperlambat fungsi tubuh.

6 dari 11 halaman

Pelupa

Fungsi otak bakal menurun seiring kurangnya asupan air yang kamu konsumsi. Menciutnya otak karena dehidrasi menyebabkan hilangnya sejumlah ingatan dan kamu jadi pelupa.

7 dari 11 halaman

Metabolisme Menurun

Ketika asupan air di tubuh berkurang, tingkat metabolisme dalam tubuh juga bakal turun. Ketika tubuh tak dapat mencerna nutrisi dan memenuhi kebutuhan kalori, berat badan juga bisa menurun karena hal ini.

8 dari 11 halaman

Mudah Marah

Munculnya perasaan uring-uringan dan ingin marah bisa terjadi juga ketika kamu dehidrasi. Tanpa adanya air di dalam sistem tubuh, hormon bakal menghentikan sistem dan mempengaruhi mood dalam tubuh.

9 dari 11 halaman

Kehilangan Fokus

Dehidrasi mempengaruhi kemampuan seseorang untuk tetap fokus dan berpikir jelas. Menurunnya fungsi otak menyebabkan fokus yang kamu miliki juga jadi menurun.

10 dari 11 halaman

Kulit Mengering

Kelembapan kulit bakal berkurang ketika kamu mengalami dehidrasi. Ketika kulit menjadi kering dari dalam, pada bagian luar kulit juga bakal terlihat kering.

11 dari 11 halaman

Konstipasi

Tubuh membutuhkan banyak air untuk mengolah kotoran dalam tubuh. Tanpa air yang cukup, usus bakal kering dan menyusut sehingga kamu kesulitan buang air besar.

Melihat sejumlah masalah kesehatan yang mengancam kondisimu, maka perhatikan asupan minumanmu. Pastikan sudah mengonsumsi air minum secara cukup untuk terhindar dari sejumlah masalah kesehatan tersebut. [RWP]

Baca juga:
Benarkah Kita Tak Boleh Langsung Minum Air Putih Setelah Berlari?
Efektifkah Minum Banyak Air saat Waktu Sahur?
Benarkah Minum Air Hangat Bisa Buat Tidak Gampang Haus Ketika Puasa?
Terapkan Pola Minum 2-4-2 Agar Tidak Mengalami Dehidrasi Saat Jalani Puasa Ramadan

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini