Berpikir Terlalu Pendek Bisa Buat Usia Kamu Menjadi Lebih Pendek

Sabtu, 2 November 2019 12:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Berpikir Terlalu Pendek Bisa Buat Usia Kamu Menjadi Lebih Pendek Ilustrasi berpikir. © upi.com

Merdeka.com - Banyak orang yang setiap hari berpikir secara keras baik untuk belajar atau bekerja. Hal ini sudah menjadi kebiasaan mereka sehari-hari dan juga rutinitas mereka.

Walau begitu, ternyata berpikir terlalu keras bisa memberi dampak yang cukup besar pada otak. Dilansir dari NY Post, diketahui bahwa berpikir terlalu keras ternyata bisa memperpendek usia.

Hal ini tentu saja berkebalikan dengan pandangan yang ada sebelumnya. Banyak orang menganggap bahwa tetap aktif secara mental hingga usia tua bisa membuat otak tetap sehat.

Hasil penelitian mengejutkan ini telah diterbitkan pada jurnal Nature. Temuan ini didapat setelah peneliti menganalisis jaringan otak setelah kematian. Mereka membandingkan orang yang hidup hingga usia 100 tahun dan mereka yang meninggal pada usia 60an hingga 70an.

Tim dari Harvard Medical School menemukan bahwa mereka yang hidup snagat tua, seseorang yang meninggal pada usia lebih mudah memiliki tingkat protein lebih rendah sehingga aktivitas otak lebih sedikit. Protein yang dimaksud tersebut mampu melindungi dari penyakit alzheimer berdasar penelitian sebelumnya.

"Temuan ini bisa memiliki konseksuensi sangat luas bagi fisiologi dan jangka hidup," ujar Bruce Yanker, profesor genetik dan neurologi dari Harvard Medical School.

Baca Selanjutnya: Meditasi Bisa Memecahkan Masalah...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini