9 Perawatan rumahan sederhana untuk turunkan hipertensi

Kamis, 15 Februari 2018 16:38 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Ilustrasi minum teh. Getty Images

Merdeka.com - Hipertensi atau yang lebih dikenal dengan tekanan darah tinggi menjadi penyakit yang cukup populer di Indonesia. Naiknya tekanan darah ini biasanya disebabkan karena menumpuknya lemak dalam darah sehingga mengganggu kelancaran sirkulasi darah dan membuat jantung harus bekerja keras untuk memompanya.

Saat hipertensi menyerang, biasanya ditandai dengan kepala pusing. Nah bagi kamu si penderita hipertensi, kamu bisa mencoba perawatan alami berikut ini untuk menurunkan tekanan darah di rumah seperti yang dilansir dari boldsky.com.

Buah dan sayur
Buah dan sayur sarat akan senyawa penting yang terbukti efektif dalam mengendalikan tekanan darah. Wortel, tomat, kentang, lemon, pisang, dan melon sangat berkhasiat untuk turunkan tekanan darah.

Teh
Teh juga berguna untuk mengurangi tekanan darah tinggi. Contohnya adalah teh jahe, teh kapulaga, atau teh bunga sepatu.

Minyak wijen
Minyak wijen mengandung lemak sehat untuk mengurangi kolesterol dalam darah. Selain itu kandungan zat antioksidan seperti sesamol dan sesamin juga berguna untuk mengatur tekanan darah.

Madu
Si manis ini sangat efektif untuk menurunkan tekanan darah karena sifatnya yang menenangkan.

Rempah-rempah
Rempah-rempah seperti bawang putih diketahui bisa mengencerkan darah dan mengurangi penyumbatan pada pembuluh darah. Sehingga berguna untuk turunkan tekanan darahmu.

Air kelapa
Minuman sehat ini diketahui bisa meningkatkan kadar potasium dalam tubuh yang membantu untuk menurunkan tekanan darah.

Cokelat
Cokelat, terutama dark chocolate tinggi akan zat antioksidan yang berguna untuk mengendalikan tekanan darah.

Omega 3
Makanan yang mengandung asam lemak omega 3 diketahui bisa mengurangi tekanan darah. Contohnya adalah kacang-kacangan dan ikan salmon.

Olahraga dan mendengarkan musik
Olahraga yang teratur dan menghabiskan waktu untuk mendengarkan musik adalah cara yang efektif untuk turunkan tekanan darah. Sebabnya, kedua aktivitas ini bisa membuatmu lebih rileks.

Hipertensi bisa menjadi silent killer jika tidak diobati dengan benar. Oleh karena itu terapkan langkah di atas untuk menurunkan tekanan darahmu secara alami. [feb]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini