8 Makanan yang Bisa Bantu Kamu Terjaga Walau Ngantuk Melanda

Senin, 25 November 2019 00:30 Reporter : Rizky Wahyu Permana
8 Makanan yang Bisa Bantu Kamu Terjaga Walau Ngantuk Melanda Ilustrasi bekerja di kantor. ©Shutterstock.com/auremar

Merdeka.com - Untuk bekerja atau bersekolah, kamu perlu dalam kondisi yang bugar dan terjaga. Walau begitu, sering di siang hari kamu bisa mengalami rasa ngantuk yang terjadi saat beraktivitas di siang hari.

Untuk mengusir munculnya rasa kantuk ini, tidur siang sekejap merupakan pilihan terbaik yang bisa kamu lakukan. Hal ini bisa membuatmu kembali bertenaga setelah terbangun dan beraktivitas dengan lebih bertenaga.

Selain tidur, terdapat sejumlah hal yang bisa kamu lakukan untuk membuat diri terjaga dan beraktivitas. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan tertentu.

Sejumlah makanan memiliki kandungan tertentu yang bisa membantumu kembali terjaga. Selain itu, sejumlah makanan ini juga bisa membuatmu menjadi kembali bertenaga.

Sejumlah makanan ini bisa mudah diolah tubuh dan diubah menjadi energi yang bermanfaat. Dilansir dari Elite Daily, berikut sejumlah makanan yang bisa buat kamu kembali bertenaga dan terjaga.

1 dari 8 halaman

Salmon

Salmon memiliki kandungan asam lemak omega3 di dalamnya. Ketika mengonsumsi salmon, omega-3 yang terdapat di dalam makanan ini bisa diubah dengan mudah menjadi energi dan bermanfaat untuk membangun otot.

2 dari 8 halaman

Keju Tua

Mengonsumsi keju tua dalam jumlah kecil bisa membuatmu terjaga. Pada keju tua maupun makanan fermentasi, kandungan asam amino bernama tiramin bisa menstimulasi otak dan membuatmu menjadi terjaga.

3 dari 8 halaman

Coklat Hitam

Coklat hitam merupakan salah satu makanan yang disarankan dan bisa membantu meningkatkan energi ini. Makanan ini baik bagi energi karena konsentrasi kakao di dalamnya yang bisa menurunkan stres serta meningkatkan level energi dan kemampuanmu untuk fokus.

4 dari 8 halaman

Chia Seeds

Biji chia memiliki kandungan air yang tinggi sehingga sangat tepat dalam membuat tubuh tetap terjaga. Selain itu, biji chia juga mengandung protein dan serat yang bisa meningkatkan energi dalam tubuh.

5 dari 8 halaman

Pisang

Berdasar sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2012, pisang bisa memberi dorongan energi pada performa maupun tingkat energi dibanding minuman berenergi. Oleh karena itu, buah ini merupakan cara enak dan sehat yang bisa kamu peroleh dari konsumsi pisang.

6 dari 8 halaman

Almond

Almond merupakan salah satu cara yang lezat untuk mengusir rasa kantuk. Kacang-kacangan ini mengandung lemak tak jenuh yang bisa membantu meningkatkan tingkat energi.

7 dari 8 halaman

Kale

Kale dan sayur-sayuran hijau lain mengandung vitamin C dan K, kalsium, serta beta karoten. Seluruh kandungan tersebut bisa membantu meningkatkan energi dalam dirimu.

8 dari 8 halaman

Edamame

Edamame merupakan salah satu cemilan asal Jepang yang sangat lezat untuk dikonsumsi. Kacang kedelai ini mengandung serat, folat, serta bentuk kedelai yang tak terproses sehingga mampu meningkatkan energi dalam tubuhmu.

Sejumlah makanan tersebut bisa jadi cara mudah dan enak untuk meningkatkan energi dan membuatmu terjaga. Konsumsi sejumlah makanan tersebut ketika kamu mengantuk agar tetap terjaga dan bertenaga saat bekerja atau belajar. [RWP]

Baca juga:
Demi Jaga Kesehatan, Milenial Harus Pintar-Pintar Pilih Makanan
Sejumlah Masalah Kesehatan yang Bisa Kamu Alami Ketika Kebanyakan Konsumsi Pepaya

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini