7 Tips jaga kesehatan semasa hamil meski sedang bekerja

Sabtu, 19 November 2016 17:56 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
7 Tips jaga kesehatan semasa hamil meski sedang bekerja ilustrasi ibu hamil. © livescienceglobal.com

Merdeka.com - Kehamilan sama sekali bukanlah halangan bagi wanita hamil untuk bekerja. Namun saat hamil, Anda pun harus berhati-hati dalam menjalankan aktivitas Anda.

Berikut adalah tips bagi ibu hamil namun juga bekerja seperti dilansir dari indiatimes.com.

Makan 3-5 kali sehari

Saat hamil, mengonsumsi makanan sehat merupakan sebuah kewajiban. Tentu saja menu makanan yang dipilih haruslah sehat dan kaya akan nutrisi. Wanita hamil juga perlu untuk mengonsumsi setidaknya 4 porsi kalsium setiap hari.

Sediakan camilan sehat

Saat hamil dan bekerja, tentu saja rasa lapar terkadang menghampiri saat Anda bekerja. Untuk itu, jangan lupa sediakan camilan sehat di damping Anda. Rasa lapar atau ketika kandungan gula di dalam darah Anda rendah, dapat menyebabkan rasa mual dan pusing saat hamil.

Konsumsi suplemen

Suplemen juga harus selalu Anda sediakan ketika Anda hamil. Suplemen yang kaya akan folat dan asam omega 3 baik untuk perkembangan kesehatan janin Anda.

Istirahat cukup

Ketika hamil, setidaknya sediakan waktu untuk tidur sekitar 10-11 jam setiap harinya. Tidur di malam hari baik untuk memperlancar aliran darah di dalam tubuh Anda sehingga dapat bermanfaat untuk kesehatan janin yang Anda kandung.

Olahraga ringan

Hamil bukan berarti saatnya Anda malas-malasan berolahraga. Lakukan olahraga ringan seperti jalan-jalan di sekitar lingkungan kantor yang dapat mencegah terjadinya pembekuan darah, pembengkakan kaki, dan varises.

Jangan merokok dan hindari perokok pasif

Merokok sangat berbahaya untuk ibu hamil. Sementara itu, paparan asap rokok juga dapat mengganggu kesehatan bayo dan menyebabkan bayi lahir prematur.

Hindari alkohol

Mengonsumsi alkohol ketika hamil jelas menimbulkan masalah bagi kandungan Anda. Fetal Alcohol Syndrome (FAS) menyebabkan bayi lahir cacat dan menyebabkan keterbelakangan mental.

Bekerja di saat hamil tidak akan mengganggu kesehatan kandungan Anda. Asal Anda benar-benar memperhatikan dan menjaga kandungan Anda dengan baik. [feb]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini