7 Tanda Alami yang Ditunjukkan Tubuh Ketika Kamu Kurang Tidur

Selasa, 10 November 2020 19:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
7 Tanda Alami yang Ditunjukkan Tubuh Ketika Kamu Kurang Tidur Ilustrasi mengantuk. ©2014 Merdeka.com/Shutterstock/Sakonboon Sansri

Merdeka.com - Banyak orang tidak dapat mengenali kondisi kurang tidur yang tengah mereka alami. Kebiasaan serta gaya hidup seseorang terkadang membuat mereka menjadi terbiasa melakukan aktifitas sehari-hari walau kurang tidur.

Walau seseorang sudah terbiasa dengan kondisi kurang tidur tersebut, namun terdapat beberapa hal yang dapat menunjukkan bahwa kamu sedang mengalami kondisi tersebut. Dilansir dari berbagai sumber, berikut tujuh hal yang bisa menjadi penanda bahwa tubuhmu kekurangan tidur.

1. Mudah Pilek dan Demam

Penelitian dari Carnegie Mellon University menyatakan bahwa seseorang yang tidur kurang dari enam jam sehari memiliki risiko menderita demam hingga empat kali lipat dibanding mereka yang tidur lebih dari tujuh jam. Ketika kekurangan tidur, sistem imun tubuh menjadi terpengaruh dalam berbagai cara.

Sel darah putih yang bernama lymphocytes juga tidak diproduksi secara efektif sehingga virus dan bakteri lebih mudah masuk ke dalam tubuh. Hal ini lah yang membuat tubuh lebih rentan terhadap penyakit.

Baca Selanjutnya: 2 Kehilangan selera humor...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini