7 Makanan Tinggi Kandungan Air untuk Memenuhi Kebutuhan Harianmu

Rabu, 23 Maret 2022 06:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
7 Makanan Tinggi Kandungan Air untuk Memenuhi Kebutuhan Harianmu Ilustrasi semangka. ©Pexels

Merdeka.com - Untuk mendapat kandungan air yang tinggi pada tubuh, kamu bisa memperolehnya dari sayur atau juga buah. Asupan air yang cukup ini sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

Ketika kamu mengalami dehidrasi, terdapat sejumlah masalah kesehatan yang bisa terjadi. Beberapa masalah tersebut berupa kelelahan, sakit kepala, masalah kulit, serta kram otot.

Dehidrasi yang berlangsung dalam waktu lama juga bisa mengakibatkan komplikasi kesehatan serius. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk menjaga asupan air dalam jumlah tepat ini.

Untuk memastikan kamu mendapat asupan air yang tepat, kamu disarankan untuk minum banyak air. Namun mengonsumsi air dalam jumlah banyak juga kadang bisa terasa sangat membosankan, oleh karena itu terdapat alternatif lain yang bisa kamu konsumsi.

Sejumlah sayur dan buah memiliki kadar air yang sangat tinggi dan bisa memenuhi kebutuhanmu secara lezat. Dilansir dari Times of India, berikut sejumlah makanan yang memiliki kandungan air sangat tinggi.

2 dari 5 halaman

Semangka

7 makanan tinggi kandungan air untuk memenuhi kebutuhan harianmu

Semangka merupakan buah yang sangat lezat, sehat, dan juga menyegarkan tubuh. Sejumlah manfaat itu bisa diperoleh ketika mengonsumsi buah ini karena kandungan airnya yang sangat tinggi.

Buah ini juga mengandung serat serta nutrisi penting lain seperti vitamin C, vitamin A, magnesium, dan potassium. Kandungan lain yang bisa diperoleh dari semangka adalah antioksidan likopen yang bisa mencegah risiko munculnya kanker dan stroke.

Kandungan air: 96 persen

3 dari 5 halaman

Bayam dan Mentimun

mentimun rev2

Bayam

Bayam merupakan sayur yang tinggi kandungan magnesium serta vitamin dan mineral penting lainnya. Sayur ini memiliki kandungan air yang sangat tinggi, rendah kalori, dan bermanfaat bagi kesehatan kulit, rambut, dan tulang.

Kandungan air: 92 persen

Mentimun

Kandungan mendinginkan yang dimiliki oleh mentimun bisa melindungimu dari dehidrasi dan kepanasan. Selain menjaga asupan air dalam tubuh, mentimun juga mengandung sejumlah nutrisi seperti vitamin K, potassium, dan magnesium serta kalori yang sangat rendah.

Kandungan air: 95 persen

4 dari 5 halaman

Tomat

7 makanan tinggi kandungan air untuk memenuhi kebutuhan harianmu

Tomat

Tomat merupakan makanan yang sangat kaya nutrisi, vitamin, serta antioksidan. Sayuran ini tidak hanya menjaga asupan air di dalam tubuhmu terjaga, namun juga melindungimu dari sejumlah penyakit.

Kandungan air: 94 persen

Jeruk

Jeruk memiliki kandungan vitamin C dan potassium yang kaya dan bisa meningkatkan kekebalan tubuh serta kesehatan jantung. Buah ini juga kaya dengan antioksidan yang melawan penyakit serta mampu mencegah kerusakan sel dengan mengurangi peradangan.

Kandungan air: 88 persen

5 dari 5 halaman

Stroberi dan Blewah

blewah rev2

Stroberi

Sekitar 91 persen berat stroberi berasal dari air dan sangat disarankan untuk dikonsumsi sehari-hari. Buah ini kaya serat, antioksidan, vitamin, dan mineral.

Kandungan air: 91 persen

Blewah

Blewah merupakan buah yang sangat menyegarkan, mengandung banyak air, serta bernutrisi. Buah ini juga kaya dengan vitamin A dan C yang sangat bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh.

Kandungan air: 90 persen

Sejumlah buah dan sayur tersebut memiliki kandungan paling tinggi dibanding makanan lainnya. Oleh karena itu, disarankan untuk mengonsumsi makanan ini agar kesehatan tubuhmu lebih optimal. [RWP]

Baca juga:
Sering Dipikir Sehat, 5 Cemilan Ini Sebaiknya Dihindari ketika Diet
Benarkah Makanan dengan Rasa Sedap atau Umami Bisa Sebabkan Obesitas?
Demi Menurunkan Berat Badan, ketahui Jarak Waktu Makan yang Ideal Dilakukan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini