7 Kesalahan yang Sering Terjadi ketika Melakukan Pertolongan Pertama

Kamis, 10 Juni 2021 19:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
7 Kesalahan yang Sering Terjadi ketika Melakukan Pertolongan Pertama Ilustrasi patah tulang. ©Shutterstock.com/Richard Lyons

Merdeka.com - Ketika hidung mimisan atau tangan tersulut api, terhadap beberapa kebiasaan yang kita lakukan sebagai pertolongan pertama. Beberapa hal ini sudah diajarkan pada kita sejak usia kecil dan biasa dilakukan sehari-hari.

Sejumlah cara yang kita lakukan ini ternyata bukannya efektif namun malah membuat luka atau kondisi yang kita alami tak kunjung sembuh. Dilansir dari Times of India, berikut sejumlah kesalahan pertolongan pertama yang paling sering kita lakukan.

Mengangkat Hidung tinggi-Tinggi Saat Mimisan

Salah satu hal yang biasa kita lakukan ketika sedang mimisan adalah mengangkat hidung ke atas dan dalam posisi tinggi. Hal ini ternyata bisa berbahaya karena dapat membuat darah mengalir ke tenggorokanmu sehingga bisa-bisa kamu malah menelannya.

Hal ini juga sama sekali tidak membantu untuk mengontrol pendarahan. Menelan darah ini dapat menyebabkan iritasi pada perut sehingga kamu mungkin muntah.

Cara Penanganan yang Tepat:

Majukan wajah dan tekan bagian ujung hidung. Sebagian penyebab mimisan adalah karena alergi atau udara kering. Jika terjadi karena hal tersebut, biarkan sementara dan mimisan itu akan sembuh dengan sendiri. Jika Masih belum sembuh juga, segera konsultasi ke dokter.

Baca Selanjutnya: Memberi Es atau Pasta Gigi...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Kesehatan
  3. Fakta Kesehatan
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini