6 Fakta mengejutkan yang tidak pernah dibahas di buku sekolah

Selasa, 17 Oktober 2017 00:01 Reporter : Yoga Tri Priyanto
6 Fakta mengejutkan yang tidak pernah dibahas di buku sekolah Fakta tubuh manusia. © boldsky.com

Merdeka.com - Tubuh manusia dikatakan cukup kompleks dan setiap sel di tubuh kita memiliki fungsinya sendiri. Belajar tentang tubuh kita sendiri memang cukup menarik, tapi yang menyedihkan adalah hal-hal menarik tersebut tidak diajarkan kepada kita di buku-buku sekolah.

Ada beberapa fakta tentang tubuh kita yang harus diketahui. Setelah membaca ini, Anda akan tahu begitu banyak hal-hal menarik yang tidak diajarkan oleh buku sekolah.

Penasaran? Simak ulasannya berikut ini!

1 dari 6 halaman

Otak bisa menyalakan lampu

Fakta tubuh manusia. © boldsky.com

Benarkah? Faktanya itu adalah sebuah kebenaran. pasalnya otak manusia memiliki kekuatan listrik yang cukup untuk menyalakan bola lampu kecil. Selain itu, ada fakta lain yang menyebutkan bahwa otak manusia mengandung 160.000+ kilometer pembuluh darah yang mengejutkan!

2 dari 6 halaman

Gigi manusia sama kuatnya dengan gigi hiu

Fakta tubuh manusia. © boldsky.com

Ini mungkin cukup mengejutkan bagi kebanyakan orang. Pasalnya kita mengenal di film-film bagaimana seekor hiu mencabik-cabik mangsanya dengan kekuatan yang mengerikan. Pada dasarnya, gigi manusia juga memiliki kekuatan serupa. Bahkan dengan satu gigitan saja itu bisa merobek kulit manusia. Sayangnya, gigi manusia memang tidak didesain runcing seperti gigi hiu pada umumnya.

3 dari 6 halaman

Asam lambung manusia sangat kuat

Fakta tubuh manusia. © boldsky.com

Tahukah Anda bahwa asam lambung kita begitu kuat sehingga mampu membakar lubang pada kulit kita?

Ini adalah fakta yang mencengangkan. Asam lambung kta begitu kuat sehingga bisa dengan mudah melakukan itu, bahkan lebih dari kekuatan pisau cukur. Mengapa bisa sangat kuat? Hal ini diperuntukkan agar tubuh kita tetap terlindungi dari bakteri berbahaya yang bisa masuk ke tubuh bersama dengan makanan.

4 dari 6 halaman

Rambut manusia tidak bisa dihancurkan

Fakta tubuh manusia. © boldsky.com

Tahukah Anda bahwa kepala manusia bisa menahan berat dua ekor gajah? Terdengar mustahil, bukan? Akan tetapi ini adalah fakta! Dengan berbagai teknik hal itu akan terwujud saking kuatnya.

5 dari 6 halaman

Wajah memiliki banyak ekspresi

Fakta tubuh manusia. © boldsky.com

Pernahkah Anda menghitung berpa abanyak ekspresi yang ada di wajah Anda? Menurut peneliti, wajah manusia memiliki lebih dari 70.000 ekspresi yang berbeda. Kedengarannya memang gila, tapi hal ini benar-benar terjadi dan sebuah fakta.

6 dari 6 halaman

Anak kecil memiliki tulang lebih banyak

Fakta tubuh manusia. © boldsky.com

Tahukah Anda bahwa anak kecil memiliki lebih dari 60 tulang dan jumlah itu adalah jumlah yang lebih banyak dari orang dewasa?

Ya, tulang anak kecil cenderung banyak karena tulangnya masih terpisah. Sementara saat tubuh kita tumbuh, maka tulang-tulang tersebut akan menyatu sehingga jumlahnya akan berkurang. [ega]

Baca juga:
Konsumsi 7 makanan ini bisa perburuk penyakit asam urat yang kamu derita
Alasan kenapa infeksi jamur di alat kelaminmu tak kunjung sembuh

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini