5 Makanan yang Aman Dikonsumsi walau Perut dalam Kondisi Sakit

Minggu, 12 Januari 2020 00:30 Reporter : Rizky Wahyu Permana
5 Makanan yang Aman Dikonsumsi walau Perut dalam Kondisi Sakit Ilustrasi Sakit Perut. ©iStockphoto

Merdeka.com - Masalah sakit perut yang kamu alami bisa menjadi penyebab kondisi tak nyaman ketika beraktivitas. Kondisi kesehatan ini bisa menyebabkan kamu merasa mual, kembung, atau perut penting.

Rasa sakit yang terjadi ini juga bisa berupa rasa sakit ringan, sakit menusuk, atau bahkan kram yang disebabkan karena berbagai hal. Hal ini bisa terjadi karena gas berlebih, pencernaan tak lancar, konstipasi, flu perut, atau juga kram karena menstruasi.

Munculnya rasa sakit di perut ini sedikit banyak bisa disebabkan oleh makanan yang sebelumnya kamu konsumsi. Hal ini menyebabkan kamu menjadi berpikir ulang untuk makan sembarangan karena takut bakal membuat perutmu semakin sakit.

Hal lain yang juga mungkin kamu alami adalah rasa enggan untuk makan terutama ketika mual. Walau begitu, terdapat sejumlah makanan yang bisa kamu konsumsi tanpa takut bakal membuat sakit perutmu semakin parah. Dilansir dari The Health Site, berikut makanan yang aman untuk dikonsumsi ketika kondisi perut sedang tak sehat.

1 dari 5 halaman

Nasi Putih

Mengonsumsi nasi putih polos bisa menjadi hal yang tak membuat masalah perutmu semakin parah. Hal ini bisa membantu memadatkan tinja dan menyetop diare. Hindari mengonsumsi beras merah atau hitam karena cenderung lebih sulit dicerna.

2 dari 5 halaman

Pisang

Pisang merupakan buah yang mengandung banyak potasium dan bisa dicerna dengan sangat mudah. Ketika kamu mengalami diare atau muntah, kamu mungkin kehilangan banyak potasium dari tubuhmu.

3 dari 5 halaman

Roti Panggang

Roti tawar panggang merupakan pilihan makanan yang sangat baik terutama ketika perutmu mengalami masalah. Roti jenis ini lebih baik dibanding roti gandum yang justru bisa memperburuk kondisi perut.

4 dari 5 halaman

Mint

Kandungan menthol yang terdapat di dalam mint bisa mencegah diare dan muntah. Mint bisa membantu mengatasi kejang di otot organ dalam serta meredakan rasa sakit.

5 dari 5 halaman

Jahe

Jahe merupakan obat alami bagi perut sakit serta gangguan pencernaan. Kandungan yang terdapat di dalam jahe terutama gingerols dan shogaols bisa membantu mempercepat kontraksi perut.

Lima makanan tersebut bisa menjadi pilihan yang sangat aman ketika kamu mengalami masalah perut. Makan dengan tepat dan cukup juga merupakan cara untuk menghindari masalah kesehatan lebih parah. [RWP]

Baca juga:
Apakah Penggunaan Air Fryers Benar-Benar Sehat untuk Memasak Makanan?
Pakar Kesehatan Jelaskan Bahwa Sesungguhnya Tak Ada Superfood
Ini Makanan yang Bakal Bermanfaat untuk Membuat Tidurmu Jadi Lebih Berkualitas

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini