5 Bahaya kesehatan yang timbul akibat kebanyakan bercinta

Selasa, 29 November 2016 00:04 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
5 Bahaya kesehatan yang timbul akibat kebanyakan bercinta Ilustrasi pasangan seks. Shutterstock/Piotr Marcinski

Merdeka.com - Kegiatan bercinta atau berhubungan seks sudah tidak diragukan lagi bermanfaat untuk menambah kedekatanmu dan pasangan. Selain mampu memuaskan hasrat seksual, bercinta menyimpan banyak manfaat sehat. Alasan utamanya adalah saat kamu bercinta, tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin yang membuatmu bahagia serta bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sadar akan hal tersebut, kamu pun menambah frekwensimu untuk bercinta dengan pasangan. Well, apakah terlalu sering berhubungan seksual juga bisa membahayakan kesehatan?

Dilansir dari boldsky.com, kebanyakan bercinta juga bisa berbahaya untuk tubuh lho. Berikut adalah alasannya.

1 dari 5 halaman

Nyeri otot

Akibat kebanyakan bercinta. boldsky.com

Bercinta adalah aktivitas yang melibatkan banyak otot. Jika terlalu diforsir, maka kamu bisa mengalami nyeri otot. Apalagi jika kamu salah melakukan posisi saat bercinta.

"Bercinta kadang bisa membuat otot di kaki membengkak dan menyebabkan rasa sakit jika kamu melakukan secara berlebihan. Saat kamu mengalaminya, jangan ragu untuk beristirahat dan mengompres dengan air es di area yang bengkak."

2 dari 5 halaman

Iritasi kulit

Akibat kebanyakan bercinta. boldsky.com

Bercinta tidak diragukan lagi melibatkan gesekan kulit. Jika kamu memiliki jenis kulit yang tipis, gesekan ini bisa merusak kulit dan menyebabkan infeksi terutama di daerah-daerah sensitif. Hasilnya, akan muncul rasa perih yang malah menurunkan semangat untuk bercinta.

3 dari 5 halaman

Kram

Ilustrasi kram menstruasi. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Piotr Marcinski

Selain nyeri otot, bercinta juga bisa membuatmu mengalami kram. Biasanya yang sering terjadi adalah kram di kaki karena kamu terlalu lama bercinta. Kram ini adalah hasil dari stimulasi yang berlebihan dalam sistem saraf dan kontraksi otot.

4 dari 5 halaman

ISK

ilustrasi infeksi saluran kemih. © healthmuep.com

ISK atau infeksi saluran kencing adalah salah satu penyakit yang akan muncul jika kamu sering bercinta. Ada banyak hal yang bisa membuatmu mengalami ISK. Salah satunya adalah faktor kurang bersihnya tempat tidur yang kamu gunakan. Untuk mencegah penyakit ini, perbanyak minum jus cranberry yang bisa membunuh bakteri penyebab ISK. Serta jangan lupa untuk membasuh alat kelamin sebelum dan sesudah bercinta.

5 dari 5 halaman

Sakit punggung

Akibat kebanyakan bercinta. boldsky.com

Posisi hubungan seks yang salah juga bisa membuatmu sakit punggung lho. Apalagi jika kamu melakukan gerakan tiba-tiba yang mengejutkan. Jadi, berhati-hatilah saat kamu bercinta. Serta jangan lupa untuk melakukan pemanasan atau foreplay.

Bercinta tak selamanya membuatmu merasa senang dan tubuh sehat. Bercinta juga bisa membahayakan kesehatan tubuh jika dilakukan secara berlebihan. Jadi, lakukan dengan bijak ya. [feb]

Baca juga:
Berapa lama durasi yang ideal untuk berhubungan seks?
Ini yang akan terjadi jika suami istri jarang berhubungan seks!
Mengapa wanita enggan melakukan hubungan seksual?

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini