5 Bahan yang Mampu Redakan Masalah Ketombe Membandel di Kepala

Selasa, 25 Desember 2018 14:31 Reporter : Rizky Wahyu Permana
5 Bahan yang Mampu Redakan Masalah Ketombe Membandel di Kepala ilustrasi ketombe. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Ketombe merupakan salah satu masalah rambut dan kulit yang paling umum dijumpai. Walau banyak orang mengalami masalah ini, namun cukup banyak yang sensitif ketika membicarakannya.

Dilansir dari Goodhousekeeping, Sejal Shah, M.D., spesialis operasi dermalotogis mengungkap apa sesungguhnya ketombe dan penyebabnya.

"Ketombe dapat dihubungkan dengan berbagai kondisi yang menyebabkan kulit kepala kering dan mengelupas, orang yang menderita ketombe ini secara umum disebut memiliki kondisi seborrheic dermatitis," jelas Sejal Shah.

Sejal sendiri menyebut bahwa tidak ada penyebab yang pasti dari seborrheic dermatitis, namun hal ini dapat disebabkan karena stres, udara, jamur, atau bahkan berdasar gen. Sensitivitas dari shampoo atau pewarna rambut, jarang memakai shampoo, serta kondisi kulit seperti psoriasis menjadi alasan potensial munculnya ketombe ini.

Berdasar saran dari ahli, berikut lima hal yang bisa membantu menghilangkan ketombe di kulit kepalamu.

1. Cuka Apel

Solusi pertama untuk menghilangkan ketombe ini cukup mudah ditemui sehari-hari di dapur.

"Cuka memiliki tingkat tertentu kandungan asam yang mengurangi rasa gatal dan kulit mengelupas serta menurunkan reaksi dari jamur Malassezia di kepala," ujar dermatologis, Lavanya Krishnan, M.D.

Campur secara rata cuka apel dengan air lalu kemudian gunakan di kulit kepala seperti ketika memakai shampoo. Biarkan di kulit selama beberapa waktu sebelum di bilas.

2. Baking Soda

Baking soda juga merupakan salah satu hal di dapur yang bisa digunakan untuk mengatasi ketombe di kepala.

"Baking soda memiliki kemampuan untuk mengontrol minyak berlebih pada kulit kepala dan juga mengontrol produksi minyak berlebih yang ada," ungkap Krishnan.

Selain itu, baking soda juga dapat meredakan masalah iritasi di kulit kepala serta meredakan iritasi yang disebabkan dari produk pembersih dan styling.

3. Minyak

Bahan lain yang dapat digunakan untuk meredakan ketombe adalah minyak.

"Minyak dapat sangat membantu mengatasi ketombe, pasalnya bahan ini dapat membantu melembapkan kulit kering di kepala," jelas dr. Krishnan.

Jenis minyak yang sebaiknya dicoba adalah tea tree oil yang yang memiliki efek anti-inflamasi tambahan yang dapat meredakan masalah di kulit kepala.

4. Steroid

Bahan berupa steroid untuk mengobati ketombe ini berasal dari resep dokter. Jenis steroid yang dapat diberikan berupa ramuan steroid ataupun shampoo steroid.

"Steroid dapat meredakan inflamasi dan juga memberikan rasa lega pada seseorang yang mengalami ketombe disertai gatal," ungkap dr. Sejal Shah.

5. Obat Anti Jamur

Salah satu jalan keluar tercepat adalah berupa obat anti jamur kepala. Obat jenis ini langsung mengincar jamur dan juga sekaligus sebagai anti inflamasi pada rambut.

Berbagai bahan di atas bisa jadi jalan keluar untuk mengobati ketombe yang kamu alami. Namun untuk pencegahan dan pengobatan yang lebih tepat, segera periksakan masalah kepalamu tersebut ke dokter. [RWP]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini