4 Cara Sederhana yang Bisa Dilakukan untuk Redakan Masalah Telinga Berdengung

Kamis, 11 Agustus 2022 13:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
4 Cara Sederhana yang Bisa Dilakukan untuk Redakan Masalah Telinga Berdengung Ilustrasi telinga. ©2015 Merdeka.com/shutterstock

Merdeka.com - Suara dengung yang muncul di telinga merupakan suatu hal yang sangat mengganggu. Hal ini bahkan bisa sangat menganggu dan meresahkan pada aktivitas kita sehari-hari.

Secara medis, masalah ini dikenal dengan nama tinnitus. Masalah ini bisa terjadi akibat berbagai macam hal, yang salah satunya adalah karena kerusakan saraf di telinga.

Kondisi ini menyebabkan telinga jadi menangkap suara dengan volume yang cenderung sangat keras. Belum lagi munculnya dengung di telinga yang sangat menganggu.

Sejumlah penanganan bisa kamu lakukan sendiri untuk mencegah munculnya masalah ini. Dilansir dari Mag for Women, berikut sejumlah cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah telinga berdenging.

2 dari 3 halaman

Mengurangi Asupan Kafein

Jika kamu mempunyai kebiasaan untuk mengonsumsi minuman yang mengandung kafein, sebaiknya hentikan ketika telinga sedang sakit. Kafein dapat mengurangi aliran darah ke telinga dan leher serta mampu menyumbat aliran darah di pembuluh darah kecil.

Mengurangi Asupan Garam

Kelebihan asupan garam dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah dan hipertensi. Kandungan sodium di dalamnya juga mampu meningkatkan efek buruk dari tinnitus.

3 dari 3 halaman

Hindari Suara yang Terlalu Keras

Jika kamu sedang mengalami masalah ini, hindarilah suara yang terlalu keras. Suara bising malah akan memperburuk kondisi pendengaran.

Gunakan White Noise Generator

Alat ini mampu menghindarkan penderita penyakit tinnitus dari suara yang bising. Suara ini juga dapat dihasilkan dari berbagai hal seperti kipas angin maupun dari aplikasi di ponsel.

Tinnitus atau gangguan yang menyebabkan suara berdengung di telinga disebabkan oleh banyak faktor seperti bakteri yang dapat menyebabkan kerusakan saraf atau hal lainnya. Oleh karena itu, kamu perlu menjaga kesehatan dan kebersihan telinga dengan baik. [RWP]

Baca juga:

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini