3 Tips Sederhana yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mencegah Munculnya Diabetes

Sabtu, 11 Januari 2020 13:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
3 Tips Sederhana yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mencegah Munculnya Diabetes ilustrasi diabetes. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/bogdanhoda

Merdeka.com - Kehidupan pada masa kini baik karena gaya hidup atau pola makan bisa berujung munculnya sejumlah penyakit. Salah satu penyakit yang rentan muncul adalah diabetes.

Agar terhindar dari masalah kesehatan, penting untuk menerapkan gaya hidup sehat. Walau begitu, tak sedikit orang menganggap menjalani gaya hidup sehat itu rumit dan melelahkan. Salah satu keluhan yang sering kita dengar adalah orang-orang yang tak terbias dengan pola konsumsi makanan dan minuman yang teratur.

Para penganut gaya hidup sehat juga dituntut untuk memperhatikan aktivitas harian. Selain pola makan, mereka juga harus menjaga jam tidur, rutin berolahraga, dan rutinitas baru lainnya.

Meski harus diakui cukup berat, kamu sebenarnya bisa memulai gaya hidup sehat lewat hal-hal kecil. Jika sudah lulus di tahap ini, kamu bisa melangkah ke level yang lebih tinggi.

Salah satu yang bisa dilakukan adalah mengatur pola asupan yang baik untuk tubuh. Cara ini terutama buat kamu yang berisiko terserang penyakit tertentu seperti diabetes.

1 dari 3 halaman

Kurangi Konsumsi Gula

Langkah paling sederhana yang bisa dilakukan untuk menghindari diabetes adalah mengurangi konsumsi makanan mengandung gula.

"Kurangi gula, makanan berlemak dan garam," tutur Pendiri Komunitas Sobat Diabet, Rudy Kurniawan di Kuningan City, Jakarta Selatan.

Jika masih ingin mengonsumsi minuman manis, kamu bisa meminta tolong agar gulanya dipisah atau mengurangi takarannya.

"Bisa dimulai dari mengurangi takaran gula atau tidak menuangkan keseluruhan gula yang dikasih ketika beli minuman," tambahnya.

2 dari 3 halaman

Kurangi Makanan Bersantan dan Gorengan

Selain itu, kurangi makanan berminyak seperti santan atau gorengan.

"Kalau makan minyak yang kuah-kuah, jangan terlalu banyak dihabisin. Selain banyak mengandung minyak, kandungan garamnya tinggi," terang Rudy.

3 dari 3 halaman

Jangan Terlalu Banyak Pakai Garam

Kandungan garam yang tinggi dapat menimbulkan risiko hipertensi dan memicu diabetes.

"Karena biasanya, diabetes itu nggak sendirian. Biasanya, ada sindrom metabolik, mulai dari hipertensi, gangguan kolesterol dan lain-lain," tandasnya.

Reporter: Cynthia Amanda Male
Sumber: Dream.co.id [RWP]

Baca juga:
Apakah Cukup Hanya Suntik Insulin untuk Mengendalikan Diabetes?
Ikuti Panduan Makan 3J Bagi Penderita Diabetes
Kenali 4 Gejala yang Muncul ketika Anak Menderita Diabetes
Mungkinkah Mencegah Terjadinya Diabetes Tipe-1 pada Anak-Anak?
Kesemutan Bisa Jadi Tanda Awal Penyakit Neuropati pada Penderita Diabetes

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini