10 Hal yang seharusnya tidak wanita lakukan pada Miss V [Part 1]

Selasa, 15 November 2016 00:05 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
10 Hal yang seharusnya tidak wanita lakukan pada Miss V [Part 1] Ilustrasi organ intim wanita. shutterstock

Merdeka.com - Miss V adalah area sensitif wanita yang berharga. Miss V memegang banyak fungsi dalam kehidupan wanita. Mulai dari identitas diri, fungsi reproduksi, hingga fungsi seksual. Itulah sebabnya wanita harus menjaga kesehatan miss V mereka dengan baik.

Dilansir dari cosmopolitan.co.uk, ada beberapa hal yang sebaiknya tidak kamu lakukan pada miss V. Berikut adalah daftarnya.

1 dari 5 halaman

Tidak pergi ke ginekolog

Ilustrasi Konsultasi Dokter. ©2015 Merdeka.com

Ginekolog adalah cabang ilmu dunia kesehatan yang khusus untuk menangani kesehatan miss V dan organ reproduksi di dalamnya. Wanita disarankan untuk melakukan pemeriksaan ke ginekolog setidaknya sekali dalam setahun. Serta saat berkunjung ke ginekolog jangan pernah malu untuk mengutarakan keluhan atau gejala yang kamu rasakan.

"Bersikap jujur saat pemeriksaan ke ginekolog amatlah membantu para wanita untuk menjaga kesehatan miss V mereka. Jika kamu malu, kamu bisa menuliskan apa yang menjadi keluhanmu sehingga dokter bisa mengetahuinya. Hal yang terpenting adalah jangan pernah sungkan atau ragu untuk memeriksakan miss V kamu," saran Dr Serena Chen, ahli kesehatan reproduksi di Reproductive Medicine and Science di Saint Barnabas.

2 dari 5 halaman

Percaya pada sabun pembersih miss V

Ilustrasi sabun pembersih kewanitaan. shutterstock

Saat ini banyak muncul sabun pembersih miss V yang menjanjikan akan membuat miss V kamu jadi bebas bakteri dan tidak berbau. Namun sabun pembersih atau semprotan ini justru membahayakan miss V karena menyebabkan ketidakseimbangan bakteri di miss V yang justru diperlukan untuk menjaga kesehatan miss V. Solusinya? Jauhi semua produk pembersih ini karena miss V memiliki mekanisme alami agar selalu bersih.

3 dari 5 halaman

Brazilian wax

Ilustrasi mencukur rambut kemaluan. www.google.com

Brazilian wax atau mencukur rambut kemaluan biasanya dilakukan wanita dengan tujuan untuk menghindarkan miss V dari sarang bakteri. Namun tindakan mencukur habis rambut kemaluan malah akan membuat miss V rentan terkena serangan kuman karena tidak ada rambut yang berfungsi untuk menangkalnya. Tindakan yang paling benar adalah jangan pernah mencukur habis rambut kemaluan.

4 dari 5 halaman

Mengabaikan gejala ISK

Ilustrasi buang air kecil. shutterstock

ISK atau infeksi saluran kemih merupakan penyakit yang umum diderita wanita. Meskipun begitu jangan pernah meremehkan gejalanya seperti sering buang air kecil atau munculnya rasa seperti terbakar.

"Sebab ISK yang sudah parah atau berkelanjutan akan membahayakan kesehatan ginjal," ungkap Dr Chen.

5 dari 5 halaman

Googling informasi tentang kesehatan miss V

Ilustrasi menggunakan komputer. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Andrei Zarubaika

Karena malu, kamu pun lebih memilih untuk googling semua informasi kesehatan tentang miss V. Padahal tidak semua jawaban yang kamu dapat dari google adalah benar. Solusi yang terbaik tentu saja berkunjung ke ginekolog sehingga kamu bisa mendapatkan informasi yang mencerahkan. [feb]

Baca juga:
Selain menstruasi, 7 hal ini juga bisa bikin vagina berdarah
Air mani terlalu berair tanda tidak subur?

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini