Selisih 992 suara, Yulianto-Haris menangkan Pilkada Kota Salatiga

Minggu, 26 Februari 2017 03:03 Reporter : Wisnoe Moerti
Selisih 992 suara, Yulianto-Haris menangkan Pilkada Kota Salatiga Ilustrasi Pilkada Serentak. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - KPU Salatiga akhirnya menyelesaikan rekapitulasi penghitungan suara. Hasilnya, pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Salatiga Yulianto-M. Haris memenangi Pilkada hanya dengan selisih 992 suara dari pasangan Agus Rudianto-Dance Ishak Palit.

Ketua KPU Salatiga Putnawati mengatakan, hasil pilkada tersebut ditetapkan dalam rekapitulasi penghitungan yang dilaksanakan pada 22 Februari 2017. Pasangan yang diusung Partai Keadilan Sejahtera, Partai Gerindra, Partai Gokar, Partai Demokrat, Partai Nasdem, dan Partai Persatuan Pembangunan tersebut meraih 53.052 suara. Sedangkan pasangan nomor urut 1 yang diusung koalisi PDI Perjuangan dan PKB yakni Agus Rudianto-Dance Ishak meraih 52.060 suara.

"Jumlah suara sah sebanyak 105.112 suara," katanya di Salatiga, seperti dilansir Antara, Sabtu (25/2).

Partisipasi pemilih dalam Pilkada Kota Salatiga yang mencapai 82 persen, menurut dia, merupakan yang tertinggi di Jawa Tengah. Selanjutnya, KPU masih menunggu jika ada pasangan calon yang menggugat hasil pilkada tersebut ke Mahkamah Konstitusi. KPU Salatiga siap menghadapi gugatan tersebut. "Informasinya pasangan Rudi-Dance sudah mendaftarkan gugatan ke MK," katanya.

Sebanyak 129.930 jiwa warga Kota Salatiga yang terdaftar dalam DPT memberikan suaranya melalui 386 TPS yang tersebar di berbagai wilayah pada 15 Februari 2017. [noe]

Topik berita Terkait:
  1. Pilkada Serentak
  2. Salatiga
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini