Sandiaga Dukung Kasus Hoaks Surat Suara Tercoblos Diusut Tuntas

Minggu, 6 Januari 2019 16:39 Reporter : Merdeka
Sandiaga Dukung Kasus Hoaks Surat Suara Tercoblos Diusut Tuntas Sandiaga Uno. ©2018 Merdeka.com/Liputan6.com

Merdeka.com - Calon wakil presiden nomor urut 02, Sandiaga Uno mendukung aparat penegak hukum mengusut kasus hoaks tujuh kontainer surat suara tercoblos. Menurut dia, hal seperti ini adalah upaya mencederai Pemilu sehingga wajib diselesaikan hingga tuntas.

"Saya mendukung proses hukum dijalankan oleh aparat kepolisian. Banyak upaya mendelegitimasi dan menimbulkan ketidakpercayaan pada proses demokrasi," kata Sandiaga di Senopati, Jakarta Selatan, Minggu (6/1).

Imbas hoaks tersebut, kata Sandi, masyarakat akan mempertanyakan kualitas Pemilu 2019. Menurutnya, banyak masyarakat yang bercerita mereka khawatir Pemilu tidak berjalan jujur dan adil.

"Jadi ini menjadi kekhawatiran kami maupun semua. Karena hampir di beberapa titik kunjungan masyarakat juga bertanya ke saya gimana memastikan Pemilu ini Jurdil? jadi mari kita pastikan Pemilu ini bebas gangguan hoaks dan gangguan upaya delegitimasi proses ini," jelas Sandiaga.

Seperti diketahui, adanya kabar hoaks tersebut terlontar dari cuitan kader Partai Demokrat Andi Arief. Lewat akun Twitternya, Andi menuliskan adanya dugaan tujuh kontainer surat suara tercoblos menuju Tanjung Priok.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang bergerak ke lokasi, langsung memastikan bahwa dugaan kabar yang tersiar oleh Andi Arief adalah berita bohong. Karenanya KPU meminta kepada publik untuk tidak langsung percaya begitu saja, akan berita yang belum teruji kebenarannya.

"Kami memastikan, berdasarkan keterangan yang didapat oleh pihak Bea Cukai, tidak ada kebenaran tentang berita tujuh kontainer tersebut, itu tidak benar," kata Ketua KPU Arief Budiman di kantor Bea Cukai Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis 3 Januari 2019, dini hari.

KPU akhirnya bersikap dengan melaporkan kasus hoaks ini ke Bareskrim Mabes Polri.

Reporter: M Radityo

Sumber : Liputan6.com [ray]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini