Rapat dengan Bawaslu, KPU Putuskan Pemungutan Suara di Malaysia Tetap Berjalan

Jumat, 12 April 2019 19:41 Reporter : Sania Mashabi
Rapat dengan Bawaslu, KPU Putuskan Pemungutan Suara di Malaysia Tetap Berjalan Pelipatan surat suara Pemilu 2019. ©2019 Merdeka.com/Arie Basuki

Merdeka.com - Kasus surat suara tercoblos di Malaysia tengah jadi sorotan di dalam negeri. Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Viryan Aziz menegaskan proses pemungutan suara di luar negeri tetap berjalan meski mencuat kasus itu.

"KPU dan Bawaslu tadi malam sudah rapat keputusannya adalah kita melakukan klarifikasi bersama terkait dengan penyelenggaraan pemilu tetap jalan di tempat lain di Malaysia," kata Viryan di Hotel Harris, FX Sudirman, Jakarta, Jumat (12/4).

Menurutnya masalah tersebut tidak bisa menghentikan tahapan pemilu yang tengah berlangsung. Sebab, kasus surat suara tercoblos itu tidak terjadi di banyak negara.

"Di Malaysia itu ada kurang lebih ada 500 ribu pemilih di Kuala Lumpur, ada yang menggunakan mekanisme TPS LN 255, TPS Luar Negeri kemarin masih bimtek tentunya masih terus berjalan. Kemudian KSK masih terus berjalan dan yang pos juga berjalan," ungkapnya.

"Kalaupun ada hal hal yang terkait pelanggaran Pemilu itu hanya untuk konteks kasus tersebut, tidak bisa semuanya," sambungnya.

Viryan menegaskan, kasus surat suara di Malaysia masih terus didalami oleh polisi, KPU dan Bawaslu. Dia pun meminta seluruh masyarakat bersabar dan menunggu hasil investigasi.

"Sepenuhnya kami menunggu hasil kerja dari teman-teman yang ke Selangor Malaysia. Tim KPU berangkat tadi subuh pukul 05.00 WIB dan langsung bertemu dengan PPLN Kuala Lumpur, kemudian datang ke lokasi dan meneliti keberadaan surat suara tersebut," ucapnya.

Sebelumnya, beredar luas video berdurasi singkat yang menampilkan masyarakat setempat menggerebek sebuah ruko kosong yang disebutkan berada di kawasan Bandar Baru Bangi, Selangor, Malaysia. Di dalam ruko itu ditemukan sejumlah kantong berisi surat suara yang diduga sudah dicoblos untuk pemilihan presiden pasangan tertentu.

Tidak hanya itu ditemukan juga surat suara tercoblos untuk beberapa nama calon anggota legislatif dari partai politik tertentu. [ray]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini