PPP: Terlalu Dini untuk Simpulkan PAN Mau Gabung Koalisi Pemerintah

Kamis, 13 Februari 2020 20:00 Reporter : Ahda Bayhaqi
PPP: Terlalu Dini untuk Simpulkan PAN Mau Gabung Koalisi Pemerintah arsul sani. ©2019 Merdeka.com/hari ariyanti

Merdeka.com - Sekretaris Jenderal PPP Arsul Sani menilai masih terlalu dini untuk menyimpulkan Partai Amanat Nasional (PAN) bergabung dengan pemerintah. Sebab, isyarat gabung tersebut baru disampaikan lewat pernyataan Zulkifli Hasan usai terpilih kembali sebagai Ketua Umum PAN. Zulkifli menilai PAN rugi jika menjadi oposisi.

"Nah apakah dengan demikian itu isyarat bahwa PAN itu pingin bergabung dengan pemerintah kan terlalu awal juga untuk menyimpulkan demikian," ujar Arsul di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (13/2).

Menurut Arsul, Zulkifli akan memperjelas maksud pernyataan tersebut. Dia tak melihat pernyataan itu sebagai isyarat PAN ingin bergabung dengan koalisi pemerintah.

"Saat ini, menurut kami di PPP itu belum bisa disimpulkan bahwa PAN itu pingin masuk ke dalam koalisi pemerintahan," kata Arsul.

Anggota DPR Komisi III itu enggan berandai-andai PAN bakal gabung pemerintah. Pembicaraan gabung tidaknya, kata Arsul, harus dilakukan antara Presiden Joko Widodo dengan Zulkifli.

"Harus ditanyakan pada presiden dan Pak Zul," ucapnya.

1 dari 1 halaman

Diberitakan, arah politik PAN usai Zulkifli Hasan kembali jadi ketua umum menarik dinanti. Politik zig zag yang dimainkan Zulkifli selama ini membuat semakin membetot perhatian publik.

Usai memenangi Kongres V PAN, Zulkifli sempat menyinggung posisi politik partainya. Dia memberikan sinyal tak berminat menjadi oposisi. Zul, tengah menghitung untung rugi dalam memutuskan posisi politiknya.

"Kalau oposisi itu sudah diambil taglinenya oleh PKS, kalau kita ikut masuk ke situ isu oposisi yang sudah diambil oleh itu teman kita partai itu akan sangat merugikan kita, kalau kita bergerak ke kanan ke kanan sekali, kita kalah, kalah kita," ujar Zulkifli saat penutupan Kongres V PAN di Kendari, Sulawesi Tenggara, Rabu (12/2). [rnd]

Baca juga:
Gaya Politik Zig Zag Zulkifli Hasan dan Arah Koalisi PAN
Presiden PKS: Zulhas Janji Ikut Pansus Jiwasraya Jika Terpilih Ketum PAN
Zulhas Ungkap Preman Perusuh Kongres PAN V, Singgung Kubu Mulfachri?
Tutup Kongres V PAN, Zulkifli Hasan Minta Maaf ke Amien Rais dan Keluarga
Rekor Zulkifli Hasan dan Amien Rais yang Mulai Tersingkir
Zulhas Kembali Jadi Ketum, Bara Hasibuan Sebut PAN Lepas dari Dominasi Amien Rais
Menggusur Amien Rais dari PAN

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini