Wali Kota Bitung bakal sweeping orang tua yang tak sekolahkan anaknya

Kamis, 1 November 2018 17:58 Reporter : Hery H Winarno
Wali Kota Bitung bakal sweeping orang tua yang tak sekolahkan anaknya Wali Kota Bitung Maximiliaan Jonas Lomban. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Wali Kota Bitung Sulawesi Utara Maximiliaan J Lomban punya cara unik untuk menegakkan aturan wajib belajar di wilayahnya. Wali Kota yang merintis karir dari birokrat ini bakal melakukan sweeping kepada para orang tua. Bagi orang tua yang kedapatan tidak menyekolahkan anaknya bakal diberi sanksi sosial olehnya.

Hal ini dikatakan langsung oleh Wali Kota Maximiliaan J Lomban dalam perbincangannya dengan merdeka.com di kantornya beberapa waktu lalu. Wali Kota Maximiliaan J Lomban mengatakan bahwa tidak ada alasan lagi bagi orang tua untuk tidak menyekolahkan anaknya di usia wajib belajar yakni SD dan SMP.

"Akhir tahun ini saya akan melakukan sweeping kepada orang tua yang tidak menyekolahkan anaknya padahal anaknya masuk kategori wajib belajar. Kalau ada yang anaknya tidak sekolah maka tahun depan anaknya wajib sekolah. Kalau tetap tidak mau sekolahkan anaknya saya beri sanksi. Sanksinya sanksi sosial. Saya akan ajak ngomong pemuka agama dan tokoh masyarakat supaya orang tua itu mau sekolahkan anaknya," ujar Maximiliaan.

Wali Kota Bitung Maximiliaan Jonas Lomban 2018 Merdeka.com

Maximiliaan bercerita bahwa salah satu program prioritas dia adalah memajukan pendidikan di Kota Bitung. Menurutnya semua wajib belajar yang jadi kewajiban pemerintah kota sudah dibiayai oleh APBD. "Tingkat SD dan SMP tidak ada bayar-bayar. Gratis," ujar Max.

Tak cuma sekolah negeri, Max mengatakan bahwa sekolah swasta yang menerima dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) juga wajib menggratiskan biaya pendidikan kepada anak didiknya. Bahkan untuk sekolah swasta juga ditambahkan BOSDa, yang bersumber dari APBD Kota Bitung. Hal ini juga mencakup kegiatan ekstrakurikuler di seluruh sekolah baik SD maupun SMP.

"Saya berharap tidak ada lagi anak di usia wajib belajar di Kota Bitung yang tidak sekolah karena sudah gratis semua. Jadi kita tuntut kepada orang tua jangan sampai anaknya tidak sekolah," terang Mantan Sekda Kota Bitung ini. [hhw]

Topik berita Terkait:
  1. Bitung
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini