Komisi III gelar uji kelayakan calon Hakim Agung

Selasa, 10 Juli 2018 19:51 Reporter : Sania Mashabi
Komisi III gelar uji kelayakan calon Hakim Agung Pelantikan tiga pimpinan baru MPR. ©Liputan6.com/JohanTallo

Merdeka.com - Komisi III DPR mengadakan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) pada dua calon Hakim Agung. Dua calon itu adalah Abdul Manaf untuk calon Hakim Agung Mahkamah Agung Kamar Agama dan Pri Pambudi Teguh untuk calon Hakim Agung Kamar Perdata.

"Fit and proper kami laksanakan untuk memenuhi dua kamar yang masih kosong yang pertama adalah perdata. Kamar pidana dan oleh KY (Komisi Yudisial) mengajukan dua nama yah. Nama tersebut telah kami lakukan Fit and Proper Test Abdul Manaf kamar agama, Pri Pambudi Teguh kamar perdata," kata anggota Komisi III Fraksi Partai NasDem Teuku Taufiqulhadi usai rapat Komisi III di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (10/6).

Menurutnya dua calon ini memiliki kapasitas untuk menjadi Hakim Agung. Terutama Pri Pambudi yang dia anggap memiliki pengetahuan keilmuan.

"Nah ini adalah Pak Pri Teguh dia adalah memiliki kualifikasi keilmuan baik beliau sarjana doktor kemudian juga melakukan pendalam. Pengetahuan di luar negeri. Kami di dalam konteks itu saya," ungkapnya.

Namun siapa calon hakim yang dipilih belum bisa diputuskan dalam rapat yang dilaksanakan sejak pukul 15.00 WIB hingga kurang lebih pukul 17.30 WIB. Keputusan akhir kata dia akan diambil besok (11/6).

"Besok akan dilakukan pleno pukul 10 kami akan diputuskan," ucapnya. [fik]

Topik berita Terkait:
  1. DPR
  2. Seleksi Hakim Agung
  3. Jakarta
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini