Hutan di Lereng Gunung Slamet Terbakar

Sabtu, 14 September 2019 04:02 Reporter : Danny Adriadhi Utama
Hutan di Lereng Gunung Slamet Terbakar Ilustrasi Kebakaran Hutan. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Setidaknya 500 personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Banyumas dikerahkan untuk melakukan pemadaman hutan yang terbakar di lereng timur Gunung Slamet, Purbalingga, Jawa Tengah, Rabu (11/9). Diperkirakan lahan yang terbakar seluas 2,5 hektar.

"Memang benar, lereng gunung Slamet juga terbakar. Ini petugas masih menyisir memadamkan lokasi secara manual," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jawa Tengah, Sudaryanto, Jumat (13/9).

Dari pantauan di lapangan, kondisi tanah yang gambut dan ilalang menjadi hambatan para personel saat melakukan pemadaman.

"Kendalanya lokasi terbakar tanaman pinus terdapat pada jurang yang terjal. Jadi susah dijangkau," ungkapnya.

Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Banyumas mengaku dengan ditambah lagi angin kencang di lokasi kebakaran yang berpotensi membuat api cepat melewati sekat yang sudah dibuat oleh tim gabungan. Terkait kerugian masih belum diketahui.

"Untuk kerugian, kita masih menunggu data detail. Namun yang pasti luas kejadian masih dalam penghitungan," ungkapnya.

Lebih lanjut, Sugiarto menyatakan saat ini api sudah padam sekitar 80 persen. Meskipun masih terlihat titik-titik api, namun harapannya bisa dipadamkan.

"Dari total empat sektor yang terbakar, dua di antaranya telah berhasil dipadamkan sekitar pukul 10.50 WIB. Sedangkan, dua sektor lain masih dalam penanganan," ujarnya.

Diketahui sebelumnya, kebakaran yang terjadi di lereng Gunung Slamet sejak Rabu, 11 September 2019 terus meluas ke area hutan lindung. [fik]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini