Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Doa Setelah Sholat Sendiri dan Artinya, Mohon Rahmat Kebaikan

Doa Setelah Sholat Sendiri dan Artinya, Mohon Rahmat Kebaikan

Doa Setelah Sholat Sendiri dan Artinya, Mohon Rahmat Kebaikan

Setelah sholat merupakan salah satu waktu mustajab untuk berdoa.

Seperti diketahui, umat muslim dianjurkan berdoa setiap selesai melaksanakan sholat. Setelah selesai sholat, umat muslim dapat menyampaikan segala hajat, keinginan, dan permohonan kepada Allah dengan penuh khusyuk dan keyakinan.

Selain itu, Anda juga bisa memohon ampunan dari setiap perbuatan yang dilakukan. Tak heran, jika berdoa setelah sholat adalah anjuran baik yang perlu diamalkan sehari-hari. Dalam hal ini, terdapat beberapa bacaan doa setelah sholat sendiri yang bisa dipraktikkan. Berikut, kami merangkum kumpulan doa setelah sholat sendiri, adab, dan keutamaannya, bisa disimak.

Doa Setelah Sholat Sendiri

Doa Setelah Sholat Sendiri

Pertama, akan diberikan beberapa bacaan doa setelah sholat sendiri.

Seperti diketahui, umat muslim dianjurkan untuk berdoa setiap selesai melaksanakan sholat. Ini tidak lain karena setelah sholat merupakan salah satu mustajab terkabulnya sebuah doa. Berikut bacaan dzikir dan doa setelah sholat sendiri, bisa diamalkan:

1. Membaca istighfar 3 kali

"Astaghfirullah hal'adzim, aladzi laailaha illahuwal khayyul qoyyuumu wa atuubu ilaiih"

Artinya : “Saya mohon ampun kepada allahyang maha besar, tidak ada tuhan melainkan dia, yang maha hidup yang terus-menerus mengurus makhluknya, dan saya bertobat kepadanya.”

2. Memohon ampun kepada Allah

"Laa ilaha illallah wakhdahu laa syarika lahu, lahul mulku walahul khamdu yukhyiiy wayumiitu wahuwa 'alaa kulli syai'innqodiir"

Artinya : “Tiada ilah yang berhak disembah selain Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya. Segala pujian dan kerajaan adalah milik Allah. Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. (HR. Bukhari, Muslim).

3. Memberikan pujian kepada Allah

"Allahumma angtassalam, wamingkassalam, wa ilayka ya'uudussalam fakhayyina rabbanaa bissalaam wa-adkhilnaljannata darossalaam tabarokta rabbanaa wata'alayta yaa dzaljalaali wal ikraam"

Artinya : “Ya Allah Engkau-lah as salam, dan keselamatan hanya dari-Mu, Maha Suci Engkau wahai Dzat yang memiliki semua keagungan dan kemuliaan. (HR. Muslim).”

4. Memohon perlindungan siksa neraka sebanyak 3 kali

"Allahumma ajirni minan-naar"

5. Membaca tasbih 33 kali

“Subhanallah” (Artinya: Maha Suci Allah)

6. Membaca tahmid 33 kali

“Alhamdulillah” (Artinya: Segala Puji Bagi Allah)

7. Membaca takbir 33 kali

“Allahuakbar” (Artinya: Allah Maha Besar)

8. Membaca tahlil 33 kali

“Lailaha illallah” (Artinya: Tidak ada Tuhan yang layak disembah selain Allah)

9. Ayat Kursi

“Allaahu laa ilaaha illaa huu, al hayyul qoyyum, la ta’khudzuhuu sinatuw walaa naum. Lahuu maa fissamaawaati wa maa fil ardh. Man djalladjii yasyfa’u ’indahuu illa bi idjnih. Ya’lamu maa bayna aydiihim wa maa kholfahum. Wa laa yuhiithuuna bi syay-im min ’ilmihii illa bi maa syaa-a. Wasi’a kursiiyyuhussamaawaati wal ardh. Walaa ya-uuduhuu hifzhuhumaa. Wa huwal’aliiyul ’azhiim.”

Artinya: ”Aku berlindung kepada Allah dari godaan syaitan yang terkutuk. Allah tidak ada Ilah (yang berhak diibadahi dengan benar) melainkan Dia. Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa-apa yang ada di langit dan apa-apa yang ada di bumi. Siapakah yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya.

Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Dan Kursi Allah meliputi langit dan bumi, dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.” (Al-Baqarah: 255)

Adab Berdoa Setelah Sholat

Adab Berdoa Setelah Sholat

Selain doa setelah sholats endiri, Anda juga perlu memahami adab berdoa.

Berdoa setelah sholat perlu dilakukan dengan etika yang baik dan sesuai syariat Islam. Berikut adalah beberapa adab berdoa setelah sholat yang bisa dipraktikkan:

1. Tawadhu' (rendah hati): Ketika berdoa, seseorang harus memperlihatkan sikap rendah hati dan kesadaran bahwa hanya Allah yang memiliki kekuasaan mutlak untuk mengabulkan doa.

2. Berdoa dengan penuh khusyuk: Ketika berdoa, seorang Muslim harus memusatkan pikiran dan hati sepenuhnya pada Allah. Khusyuk dalam berdoa memperkuat ikatan spiritual antara hamba dengan Sang Pencipta.

3. Mengangkat tangan: Sunnah Rasulullah SAW adalah mengangkat tangan ketika berdoa. Ini adalah tanda kerendahan hati dan permohonan kepada Allah SWT.

4. Memulai dengan hamdalah (pujian): Sebelum menyampaikan permohonan atau hajat, sebaiknya dimulai dengan memuji Allah (hamdalah) dan mengucapkan shalawat atas Nabi Muhammad SAW.

5. Berdoa dengan bahasa yang baik: Ketika berdoa, gunakan bahasa yang baik dan sopan. Hindari penggunaan kata-kata kasar atau tidak pantas.

6. Memperluas doa: Selain memohon untuk diri sendiri, berdoalah untuk keselamatan dan kebaikan umat Islam secara umum, keluarga, teman-teman, dan semua orang yang berhak mendapat doa.

7. Berdoa dengan keyakinan: Percayalah bahwa Allah SWT mendengar setiap doa dan memiliki kuasa untuk mengabulkannya. Berdoalah dengan keyakinan yang teguh bahwa Allah SWT akan mengabulkan doa sesuai dengan kehendak-Nya yang Maha Bijaksana.

8. Berdoa dalam waktu yang dianjurkan: Waktu-waktu yang dianjurkan untuk berdoa setelah sholat adalah antara selesai sholat dan sebelum salam (tasyahud akhir). Namun, doa bisa juga dilakukan kapan saja, baik sebelum atau sesudahnya, selama tidak berada dalam waktu yang makruh untuk beribadah.

9. Berdoa dengan istighfar (minta maaf): Sebelum dan sesudah berdoa, sebaiknya memohon ampunan kepada Allah atas segala dosa dan kesalahan yang telah dilakukan.

Keutamaan Berdoa Setelah Sholat

Keutamaan Berdoa Setelah Sholat

Selain doa setelah sholat sendiri, terakhir akan dijelaskan keutamaannya.

Berdoa setelah sholat memiliki banyak keutamaan dalam Islam. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Mengikuti Teladan Nabi: Rasulullah Muhammad SAW sendiri seringkali berdoa setelah menunaikan sholat. Ini merupakan tindakan yang dianjurkan kepada umat Islam untuk mengikuti teladan beliau.

2. Menguatkan Koneksi dengan Allah: Berdoa setelah sholat adalah cara untuk memperkuat hubungan spiritual dengan Allah. Ini adalah waktu yang baik untuk memperdalam ikatan batin dengan Sang Pencipta setelah menjalankan kewajiban ibadah.

3. Menyucikan Jiwa: Doa setelah sholat juga dapat membantu membersihkan hati dan jiwa dari dosa serta kesalahan yang mungkin terjadi selama ibadah.

4. Mendatangkan Ketenangan: Doa setelah sholat dapat memberikan ketenangan pikiran dan hati, serta meningkatkan rasa kedamaian dan kebahagiaan dalam diri.

5. Membawa Barokah: Berdoa setelah sholat diyakini dapat membawa barokah dan berkah dari Allah SWT, serta membuka pintu-pintu rezeki dan keberkahan dalam hidup.

6. Menjadi Amal yang Diterima: Doa setelah sholat merupakan salah satu amal yang paling mudah diterima oleh Allah SWT, karena dilakukan dalam keadaan hati yang khusyuk dan penuh kesadaran setelah menunaikan sholat.

7. Menyampaikan Hajat dan Keinginan: Setelah menunaikan sholat, umat Islam dianjurkan untuk menyampaikan segala hajat, keinginan, dan permohonan kepada Allah melalui doa, karena Allah Maha Mendengar dan Maha Mengabulkan doa hamba-Nya yang tulus.

Doa Habis Sholat dan Artinya, Mohon Ampunan dan Rahmat Kebaikan
Doa Habis Sholat dan Artinya, Mohon Ampunan dan Rahmat Kebaikan

Setelah sholat termasuk waktu mustajab untuk berdoa.

Baca Selengkapnya
Doa Setelah Sholat Fardhu Singkat, Mohon Ampunan dan Perlindungan
Doa Setelah Sholat Fardhu Singkat, Mohon Ampunan dan Perlindungan

Setelah sholat fardhu termasuk waktu mustajab untuk berdoa.

Baca Selengkapnya
Doa Tahiyat Akhir NU dan Muhammadiyah, Rukun Salat yang Wajib Diketahui
Doa Tahiyat Akhir NU dan Muhammadiyah, Rukun Salat yang Wajib Diketahui

Dalam salat, tahiyat akhir adalah bagian dari rukun salat yang tak boleh dilewatkan.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Doa Menjelang Ramadhan, Ini Cara Mempersiapkan Diri Sambut Bulan Suci
Doa Menjelang Ramadhan, Ini Cara Mempersiapkan Diri Sambut Bulan Suci

Penting bagi umat muslim untuk mempersiapkan diri menuju Ramadhan. Salah satunya dengan membaca doa menjelang Ramadhan.

Baca Selengkapnya
Doa Sesudah Sholat Latin dan Artinya, Mohon Rahmat Kebaikan
Doa Sesudah Sholat Latin dan Artinya, Mohon Rahmat Kebaikan

Doa sesudah sholat ini memuat permohonan akan ampunan dosa

Baca Selengkapnya
Doa agar Langit Cerah dan Tidak Hujan, Perlu Diketahui
Doa agar Langit Cerah dan Tidak Hujan, Perlu Diketahui

Hujan merupakan sebuah rahmat Allah, namun juga bisa menjadi musibah.

Baca Selengkapnya
Doa saat Dihinggapi Rasa Sombong, Ketahui Bahayanya
Doa saat Dihinggapi Rasa Sombong, Ketahui Bahayanya

Sifat sombong adalah salah satu sifat yang dibenci Allah.

Baca Selengkapnya
Doa sesudah Sholat Tahajud dan Dzikirnya, Amalan Ringan untuk Meminta Ampunan
Doa sesudah Sholat Tahajud dan Dzikirnya, Amalan Ringan untuk Meminta Ampunan

Keutamaan Sholat Tahajud tidak hanya terletak pada serangkaian rukun sholat yang dijalani, melainkan juga pada doa yang diucapkan setelahnya.

Baca Selengkapnya
Doa setelah Sholat Tahajud dan Keutamaannya, Perlu Diamalkan
Doa setelah Sholat Tahajud dan Keutamaannya, Perlu Diamalkan

Sholat tahajud adalah sholat sunah yang dilakukan di malam hari setelah bangun dari tidur, meskipun tidurnya hanya sebentar.

Baca Selengkapnya