Cara Mengisi e-Filing untuk Lapor SPT Tahunan, Praktis dan Mudah

Rabu, 24 Maret 2021 11:15 Reporter : Jevi Nugraha
Cara Mengisi e-Filing untuk Lapor SPT Tahunan, Praktis dan Mudah ilustrasi pajak. ©Istimewa

Merdeka.com - Pajak merupakan pembayaran yang dibebankan oleh pemerintah atas penghasilan perorangan, perusahaan, tanah, atau sumber-sumber lainnya. Hal ini dilakukan untuk memberi pemasukan terhadap barang umum (public). Adapun pengumpulan dan pembayaran pajak dilaksanakan sesuai hukum yang berlaku.

Menurut Pasal 1 UU No. 28 Tahun 2007 tentang ketentuan umum dan tata cara perpajakan, pajak merupakan kontribusi wajib kepada negara yang tertuang oleh pribadi atau badan yang bersifat memaksa berdasarkan Undang-Undang dengan tidak mendapat timbal bali secara langsung dan digunakan untuk keperluan negara bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.

Melansir dari DJP Online, badan usaha yang terdaftar sebagai Wajib Pajak ditandai memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan memiliki kewajiban untuk menyampaikan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak Penghasilan. Sebagai Wajib Pajak, Anda harus mengisi SPT dengan benar, lengkap, dan jelas.

Saat ini, pelaporan pajak melalui Surat Pemberitahuan (SPT) tahunan bisa dilakukan secara online. Dengan adanya fasilitas lapor pajak online atau e Filing melalui website Direktorat Jenderal Pajak (DJP), membuat lapor SPT tahunan semakin mudah dilakukan. Namun, sebelum melakukan pelaporan, Anda harus memiliki Electronic Filing Identity Number (EFIN) terlebih dahulu.

Lantas, bagaimana cara mendapatkan EFIN dan mengisi e-Filing? Simak ulasannya yang dilansir dari pajak.go.id:

Baca Selanjutnya: Cara Mendapatkan EFIN...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini