Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan
<b>Bacaan Dzikir setelah Sholat dan Keutamaannya, Amalan Ringan yang Besar Balasannya</b>

Bacaan Dzikir setelah Sholat dan Keutamaannya, Amalan Ringan yang Besar Balasannya

Bacaan dzikir ini menjadi upaya untuk memperkuat ikatan spiritual antara hamba dan Tuhannya.

Dalam kehidupan sehari-hari, ibadah merupakan fondasi utama bagi umat Islam untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Salah satu bentuk ibadah yang memiliki kedudukan istimewa adalah dzikir.

Meski amalan ini hanyalah penyebutan kata-kata, namun di dalamnya tersimpan perwujudan rasa syukur, pengakuan, dan ketaatan kepada Sang Pencipta.

Pengertian Dzikir

Dzikir dalam Islam adalah sebuah ibadah yang dilakukan dengan cara mengingat, menyebut, atau memuji Allah SWT dengan lisan, hati, atau perbuatan. Dzikir dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja, asalkan tidak bertentangan dengan syariat Islam. Dzikir memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia, baik di dunia maupun di akhirat. Berikut adalah beberapa penjelasan tentang pengertian dzikir menurut bahasa dan istilah:

• Menurut bahasa, dzikir berasal dari kata “dzakara” yang berarti menyebut, menyucikan, menggabungkan, menjaga, mengerti, mempelajari, memberi, dan menasehati. Dzikir juga dapat diartikan sebagai mensucikan dan mengagungkan Allah SWT.

• Menurut istilah, dzikir adalah membasahi lidah dengan ucapan-ucapan pujian kepada Allah SWT. Dzikir juga dapat berarti berbuat baik (beramal saleh) dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah SWT sesuai dengan yang telah diajarkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Beberapa jenis dzikir yang umum dilakukan oleh umat Islam adalah:

  • Dzikir dengan menyebut nama dan sifat Allah, seperti Subhanallah, Alhamdulillah, La ilaha illallah, Allahu Akbar, dan lain-lain. Dzikir jenis ini bertujuan untuk mengagungkan dan mensucikan Allah dari segala kekurangan dan keserupaan

  • Dzikir dengan mengingat perintah, larangan, dan hukum Allah, seperti membaca Al-Qur’an, hadis, tafsir, dan ilmu-ilmu agama. Dzikir jenis ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang Islam, serta mengamalkan ajaran-ajarannya

  • Dzikir dengan berdoa dan memohon kepada Allah, seperti meminta perlindungan, kebaikan, keselamatan, kesehatan, rezeki, dan lain-lain. Dzikir jenis ini bertujuan untuk menunjukkan ketergantungan dan kebutuhan kita kepada Allah, serta mengharapkan pertolongan dan rizki-Nya

  • Dzikir dengan bersyukur dan mengucapkan hamdalah kepada Allah, seperti mengucapkan Alhamdulillah atas nikmat dan karunia yang telah diberikan Allah, baik yang tampak maupun yang tersembunyi. Dzikir jenis ini bertujuan untuk mengakui dan menghargai nikmat Allah, serta menjaga dan memperbanyaknya

  • Dzikir dengan bertasbih dan bertahmid kepada Allah, seperti mengucapkan Subhanallah wa bihamdihi, Subhanallahi 'l-'azim, dan lain-lain. Dzikir jenis ini bertujuan untuk membersihkan hati dari dosa dan kesalahan, serta mengisi hati dengan cahaya dan keindahan Allah

Bacaan Dzikir setelah Sholat

1. Istighfar Sebanyak 3 Kali

Rangkaian dzikir setelah sholat fardhu Nahdlatul Ulama diawali dengan bacaan istighfar sebanyak 3 kali.

أَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِـيْمَ الَّذِيْ لَااِلَهَ اِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ ×٣

Astagfirullaaahal-adzim, Alladzi laa ilaaha illlaa huwalhayyul-qayyum, wa atubu ilaih.

Artinya: Saya mohon ampun kepada Allah yang Maha Besar, tidak ada Tuhan melainkan Dia, yang Maha Hidup yang terus-menerus mengurus makhluknya, dan saya bertaubat kepadaNya.

2. Memuji Allah SWT

اَللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ وَمِنْكَ السَّلَامُ تَبَارَكْتَ يَا ذَاالْـجَلَالِ وَاْلإِكْرَام

Allaahumma antas salaam, wa minkas salaam, tabaarakta yaa dzal jalaali wal ikraam.

Dzikir di atas berdasarkan dari hadis riwayat Imam Muslim.

3. Dzikir Usai Sholat 5 Waktu

اَللَّهُمَّ لَا مَانِعَ لِمَا أَعْطَيْتَ، وَلاَ مُعْطِيَ لِمَا مَنَعْتَ، وَلَا يَنْفَعُ ذَاالْجَدِّ مِنْكَ الْجَدُّ

Allaahumma laa maani’a limaa a’thaita walaa mu’thiya limaa mana ‘ta walaa yanfa’u dzal jaddi minkal jaddu.

4. Doa Diberi Kemampuan untuk Ingat Berzikir, Bersyukur, dan Beribadah secara Baik kepada Allah SWT

اَللَّـهُمَّ اَعِنِّي عَلَى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ. (HR Abu Dawud)

Allahumma a’inni ‘ala dzikrika wasyukrika wa husni ‘ibadatika.

Doa ini dibaca sebanyak tiga kali usai sholat fardu, namun khusus usai sholat magrib dan subuh dibaca 10 kali.

5. Doa Mohon Perlindungan dari Ganasnya Api Neraka

اَللَّهُمَّ أَجِرْنِـى مِنَ النَّارِ

Allahumma ajirni minan-naar.

Doa ini dibaca tujuh kali usai sholat magrib dan subuh.

6. Ayat Kursi

أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ. بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ. اَللهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَّلَانَوْمٌ، لَهُ مَافِي السَّمَاوَاتِ وَمَافِي اْلأَرْضِ مَن ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَابَيْنَ أَيْدِيْهِمْ وَمَاخَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيْطُونَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَآءَ، وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضَ وَلَا يَـؤدُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ.

Allahu laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyum. Laa ta’khudzuhuu sinatuw wa laa naum. Lahuu maa fis samaawaati wa maa fil ardh. Man dzal ladzii yasyfa’u ‘indahuu illaa bi idznih. Ya’lamu maa bayna aidiihim wa maa khalfahum. Wa laa yuhiithuuna bi syai-im min ‘ilmihii illaa bimaa syaa-a. Wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardh walaa ya-uuduhuu hifzhuhumaa Wahuwal ‘aliyyul ‘azhiim.

7. Surat al-Baqarah ayat 285-286

آمَنَ الرَّسُولُ بِمَا أُنْزِلَ إِلَيْهِ مِنْ رَبِّهِ وَالْمُؤْمِنُونَ، كُلٌّ آمَنَ بِاللَّهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِنْ رُسُلِهِ، وَقَالُوا سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَإِلَيْكَ الْمَصِيرُ. لَا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا، لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ. رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا، رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِنَا، رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِ، وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا، أَنْتَ مَوْلَانَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِين

Aamanar-rosuulu bimaaa unzila ilaihi mir robbihii wal-mu`minuun, kullun aamana billaahi wa malaaa`ikatihii wa kutubihii wa rusulih, laa nufarriqu baina ahadim mir rusulih, wa qooluu sami’naa wa atho’naa ghufroonaka robbanaa wa ilaikal-mashiir.

Laa yukallifullohu nafsan illaa wus’ahaa, lahaa maa kasabat wa ‘alaihaa maktasabat, robbanaa laa tu`aakhiznaaa in nasiinaaa au akhtho`naa, robbanaa wa laa tahmil ‘alainaaa ishrong kamaa hamaltahuu ‘alallaziina ming qoblinaa, robbanaa wa laa tuhammilnaa maa laa thooqota lanaa bih, wa’fu ‘annaa, waghfir lanaa, war-hamnaa, anta maulaanaa fanshurnaa ‘alal-qoumil-kaafiriin.

8. Disambung Penggalan Surat Ali Imran

شَهِدَ اللَّهُ أَنَّهُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ وَالْمَلَائِكَةُ وَأُولُو الْعِلْمِ قَائِمًا بِالْقِسْطِ، لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ، إِنَّ الدِّينَ عِنْدَ اللَّهِ الْإِسْلَامُ، قُلِ اللَّهُمَّ مَالِكَ الْمُلْكِ تُؤْتِي الْمُلْكَ مَنْ تَشَاءُ وَتَنْزِعُ الْمُلْكَ مِمَّنْ تَشَاءُ وَتُعِزُّ مَنْ تَشَاءُ وَتُذِلُّ مَنْ تَشَاءُ، بِيَدِكَ الْخَيْرُ، إِنَّكَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ. تُولِجُ اللَّيْلَ فِي النَّهَارِ وَتُولِجُ النَّهَارَ فِي اللَّيْلِ، وَتُخْرِجُ الْحَيَّ مِنَ الْمَيِّتِ وَتُخْرِجُ الْمَيِّتَ مِنَ الْحَيِّ، وَتَرْزُقُ مَنْ تَشَاءُ بِغَيْرِ حِسَابٍ

Syahidallaahu annahuu laa ilaaha illaa huwa wal-malaa`ikatu wa ulul-‘ilmi qaa`imam bil-qist, laa ilaaha illaa huwal-‘aziizul-hakiim. Innad-diina ‘indallaahil-islaaam, wa makhtalafallaziina utul-kitaaba illaa mim ba’di maa jaa`ahumul-‘ilmu bagyam bainahum, wa may yakfur bi`aayaatillaahi fa innallaaha sarii’ul-hisaab.

9. Membaca Surat al-Ikhlas, Surat al-Falaq, Surat an-Nas, lalu Surat al-Fatihah.

10. Membaca tasbih, hamdala, dan takbir, masing-masing sebanyak 33 kali.

11. Dzikir Setelah Sholat 5 Waktu

اَللهُ اَكْبَرْ كَبِيْرًا وَالْحَمْدُ لِلهِ كَثِيْرًا وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَأَصِيْلًا، لَاإِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُيُحْيِيْ وَيُمِيْتُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ، وَلَاحَوْلَ وَلَاقُوَّةَ إِلَّابِا للهِ الْعَلِـىِّ الْعَظِيْمِ. أَفْضَلُ ذِكْرِ فَاعْلَمْ أَنَّهُ لَاإِلَهَ إِلَّا اللهُ

Allahu akbaru kabiaa walhamdulillahi katsiraa wa subhaanallahi bukratan wa’ashiilaa. Laa ilaaha illallah wahdanu laa syarika lah lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai’in qodir. La haula wa quwwata ila billahil ‘aliyil ‘adzim. Afddholu dzikri fa’lam annahu laailaha ilallah. (Dibaca 300 kali setelah sholat subuh, 100 kali setelah sholat isya dan magrib, 50 kali setelah sholat dzuhur dan asar).

Shollallahu ‘ala muhammad (dibaca 300 kali atau 100 kali setelah sholat subuh).

Laailaha ilalah muhammadurrasulullah shallahu ‘alaihi wassalam.

Dzikir setelah sholat fardhu Nahdlatul Ulama lalu ditutup dengan doa sesuai harapan masing-masing.

Manfaat Dzikir untuk Kesehatan Mental

Dzikir juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan mental, baik secara psikologis maupun spiritual. Berikut adalah beberapa manfaat dzikir untuk kesehatan mental:

• Dzikir dapat menjaga suasana kejiwaan yang tenang, damai, dan terkendali, serta dapat menumbuhkan ketenangan bathin dan memberi pengaruh pada kekebalan tubuh.

• Dzikir dapat mengatasi stres dan meningkatkan kesehatan mental dengan cara melibatkan pengulangan dzikir atau mengingat nama-nama Tuhan secara teratur.

• Dzikir dapat meningkatkan energi moral dan memperkuat hubungan manusia dengan manusia, manusia dengan lingkungan, dan manusia dengan Tuhan.

• Dzikir dapat membantu seseorang untuk selalu waspada atas segala pikiran yang terlintas dalam diri mereka, karena kelak di Hari Perhitungan akan ditanyakan segala hal tentang apa yang mereka lakukan.

Keutamaan Dzikir setelah Sholat

Dzikir setelah sholat adalah salah satu amalan sunnah yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Dzikir setelah sholat memiliki banyak keutamaan, di antaranya adalah:

  • Dzikir setelah sholat dapat membersihkan hati dari sifat-sifat buruk, seperti sombong, riya, dengki, dan lain-lain. Dzikir setelah sholat juga dapat menghapus dosa-dosa kecil yang dilakukan oleh seorang muslim.

  • Dzikir setelah sholat dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memperoleh ridha-Nya. Dzikir setelah sholat juga dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan seorang muslim.
  • Dzikir setelah sholat dapat membuat hati menjadi tenang dan bahagia. Dzikir setelah sholat juga dapat menghilangkan stres, kecemasan, dan kesedihan yang mungkin dialami oleh seorang muslim.
  • Dzikir setelah sholat dapat mempermudah doa-doa seorang muslim untuk dikabulkan oleh Allah SWT. Dzikir setelah sholat juga dapat menjadi syafaat bagi seorang muslim di akhirat.
  • Dzikir setelah sholat merupakan salah satu amalan yang baik yang akan menambah pahala seorang muslim. Dzikir setelah sholat juga dapat melindungi seorang muslim dari godaan syaitan dan kejahatan manusia.

Bacaan Doa Setelah Sholat Dhuha Lengkap Beserta Tata Cara & Keutamaannya Bagi Umat Islam
Bacaan Doa Setelah Sholat Dhuha Lengkap Beserta Tata Cara & Keutamaannya Bagi Umat Islam

Berikut bacaan doa setelah sholat dhuha lengkap beserta tata cara dan keutamaannya bagi umat Islam.

Baca Selengkapnya icon-hand
Dzikir setelah Sholat Fardhu yang Perlu Diamalkan, Ketahui Keutamaannya
Dzikir setelah Sholat Fardhu yang Perlu Diamalkan, Ketahui Keutamaannya

Dzikir setelah sholat menjadi cara untuk lebih dekat dengan Allah. Amalan ini akan melengkapi ibadah sholat sekaligus sebagai penenang hati.

Baca Selengkapnya icon-hand
Bacaan Tawasul Yasin dan Keutamaannya dalam Islam, Ini Lengkapnya
Bacaan Tawasul Yasin dan Keutamaannya dalam Islam, Ini Lengkapnya

Salah satu amalan doa untuk mendekatkan diri pada Allah yang dapat dilakukan adalah tawasul.

Baca Selengkapnya icon-hand
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Bacaan Istighfar 100 Kali Sesuai Ajaran Rasulullah dan Keutamaannya, Perlu Diamalkan
Bacaan Istighfar 100 Kali Sesuai Ajaran Rasulullah dan Keutamaannya, Perlu Diamalkan

Bacaan istighfar 100 kali bisa diamalkan umat Muslim karena memiliki banyak keutamaan.

Baca Selengkapnya icon-hand
Doa Selesai Sholat Tahajud dan Zikir Lengkap, Perlu Diamalkan sesuai Anjuran Rasulullah SAW
Doa Selesai Sholat Tahajud dan Zikir Lengkap, Perlu Diamalkan sesuai Anjuran Rasulullah SAW

Sholat tahajud benar-benar memiliki keistimewaan, alangkah baiknya sebagai umat Islam Anda bisa melengkapinya dengan doa serta zikir.

Baca Selengkapnya icon-hand
6 Bacaan Doa Tolak Bala Sesuai Ajaran Rasulullah SAW, Bisa Diamalkan Setiap Selesai Sholat
6 Bacaan Doa Tolak Bala Sesuai Ajaran Rasulullah SAW, Bisa Diamalkan Setiap Selesai Sholat

Berikut bacaan doa tolak bala sesuai ajaran Rasulullah SAW yang bisa diamalkan setiap selesai menunaikan sholat.

Baca Selengkapnya icon-hand
Keutamaan Sholat Witir Setelah Tahajud, Lengkap Disertai Tata Cara hingga Bacaannya
Keutamaan Sholat Witir Setelah Tahajud, Lengkap Disertai Tata Cara hingga Bacaannya

Ada banyak keutamaan dan pahala dari umat Islam yang mampu melaksanakan sholat witir setelah tahajud.

Baca Selengkapnya icon-hand
Bacaan Dzikir Selesai Sholat dan Keutamaannya, Perlu Diamalkan
Bacaan Dzikir Selesai Sholat dan Keutamaannya, Perlu Diamalkan

Setelah selesai sholat, umat muslim dianjurkan untuk membaca dan mengamalkan bacaan dzikir.

Baca Selengkapnya icon-hand
Bacaan Sholat Lengkap dari Niat hingga Salam, Umat Islam Wajib Hafal
Bacaan Sholat Lengkap dari Niat hingga Salam, Umat Islam Wajib Hafal

Sholat adalah ibadah wajib bagi umat Islam, ketahui tata cara dan bacaannya.

Baca Selengkapnya icon-hand