Seluas 100 Lapangan Bola, China Resmikan Bandara dengan Terminal Terbesar di Dunia

Senin, 30 September 2019 02:02 Reporter : Tantri Setyorini
Seluas 100 Lapangan Bola, China Resmikan Bandara dengan Terminal Terbesar di Dunia Bandara Daxing International. ©2019 AP/Reuters

Merdeka.com - Presiden Republik Rakyat Tiongkok, Xi Jinping telah meresmikan bandara terbaru negeri tirai bambu. Daxing International telah dibuka pada tanggal 25 September 2019. Menurut laporan Channel News, peresmian itu dilakukan menjelang peringatan 70 tahun Republik Rakyat Tiongkok.

1 dari 3 halaman

Seukuran Seratus Lapangan Sepakbola

Bandara Daxing International. 2019 AP/Reuters

Struktur Daxing International memiliki luas 700.000 meter persegi, sebanding dengan luas seratus lapangan sepakbola. Menilik fakta tersebut, Daxing International bakal menjadi bandara dengan terminal terbesar di dunia.

Bagian bawah terminal adalah stasiun kereta api dan jalur metro yang bakal memberikan akses ke pusat kota kurang dari satu jam. Wisatawan bisa mencapai pusat kota dalam waktu 20 menit atau lebih. Proyek pembangunannya sendiri menelan biaya 120 miliar yuan atau sekitar 400 miliar rupiah.

2 dari 3 halaman

Bisa Menampung 72 Juta Penumpang Setiap Tahun

Bandara Daxing International. 2019 AP/Reuters

Bangunan ini dirancang oleh arsitek Anglo-Irak Zaha Hadid yang meninggal pada 2016 bersama dengan anak perusahaan teknik Aeroports de Paris.

Desainnya tampak menonjol karena berbentuk seperti bintang laut, memiliki garis melengkung, dan penerangan minimum berkat penggunaan bukaan di atap bangunan.

Bandara internasional ini berjarak 46 kilometer dari sisi selatan alun-alun Tiananmen. Rencananya bakal dioperasikan dengan kapasitas penuh pada tahun 2025. Empat landasan pacu yang ada saat ini berpotensi menerima 72 juta penumpang setiap tahun.

3 dari 3 halaman

Diprediksi Jadi Bandara dengan Kapasitas Perjalanan Terbesar

Bandara Daxing International. 2019 AP/Reuters

Bandara Daxing International diharapkan bisa membantu mengurangi kepadatan pengguna di bandara internasional ibukota yang ada di timur laut Beijing. Kendala kapasitas di sana sering menyebabkan keterlambatan penerbangan.

Menurut sang desainer, bandara ini diperkirakan bakal berkembang dengan delapan landasan pacu di tahun 2040. Salah satunya untuk kepentingan penerbangan militer. Bandara juga diprediksi bakal menyambut hingga seratus juta penumpang setiap tahun. Jika demikian, maka Daxing International akan menjadi terminal tunggal terbesar di dunia dalam hal kapasitas perjalanan.

Reporter: Tanti Yulianingsih
Sumber: Liputan6.com [tsr]

Baca juga:
Keindahan 5 Masjid Pink dari Berbagai Negara, Termasuk Indonesia
Mengintip Aktivitas Ramadan di Masjid Berarsitektur Oriental
Seperti Ini Penampakan 7 Keajaiban Dunia Pertama Pada Masa Jayanya
Universitas Tarumanagara Selenggarakan Architectural Design Week 2019

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini