Mengecewakan, 6 objek wisata ini ternyata tak semegah fotonya

Kamis, 23 November 2017 00:04 Reporter : Tantri Setyorini
Mengecewakan, 6 objek wisata ini ternyata tak semegah fotonya Patung Liberty. © TheDailyBeast.com - Getty Images

Merdeka.com - Menyaksikan poster dan wallpaper tempat-tempat terkenal di dunia kerap membuat kita kagum akan keindahannya. Namun satu hal yang sering kita abaikan adalah fakta bahwa foto-foto tersebut diambil dengan teknik sedemikian rupa agar terlihat menarik. Seringnya bahkan sudah melalui proses penyuntingan dengan aplikasi komputer agar tampak lebih menarik lagi jika dibandingkan dengan aslinya.

Kadang-kadang sudut pengambilan gambar pun bisa membuat ukuran objek foto jadi tampak jauh lebih besar daripada aslinya. Seperti halnya foto tempat-tempat tersohor berikut. Ternyata tak semegah aslinya.

1 dari 6 halaman

Stonehenge - Inggris

Stonehenge. © Knowth.com - BEN BIRCHALL

Mengingat fakta bahwa Stonehenge adalah situs peninggalan zaman prasejarah, kebanyakan orang akan berpikir kalau deretan batu di situs ini bakal seukuran monumen peninggalan zaman megalithikum (zaman batu besar). Namun struktur tinggalan zaman perunggu ini sebenarnya tak terlalu besar.

Jika didekati, sebenarnya Stonehenge tak begitu kolosal seperti yang terlihat di foto. Tinggi masing-masing batu hanya sekitar 4 meter. Tak sampai tinggi tiga orang dewasa standar Asia. Ukurannya memang cukup impresif, tetapi masih kalah jauh dengan patung Moai di Pulau Paskah yang tingginya bisa mencapai 10 meter.

Photo credit: © Knowth.com - BEN BIRCHALL

2 dari 6 halaman

Sphinx Agung Giza - Mesir

Sphinx. © Ancient Code - GETTY IMAGES/ED GILES

Sphinx merupakan makhluk dari mitologi Mesir dan Yunani. Patung-patungnya biasa ditempatkan di dekat bangunan sakral sebagai pelindung, sama seperti reco pentung di Jawa.

Patung dengan sosok singa berkepala manusia ini memang menakjubkan. Terbuat dari batu kapur yang diukir hati-hati. Panjang tubuhnya dari depan hingga ekor mencapai 73 meter. Sementara tingginya sekitar 20 meter.

Memang bukan patung berukuran mini, tetapi tak sedikit yang mengira ukuran patung ini menyamai Piramida Agung Giza. Pasalnya dalam foto-foto yang terkenal, Sphinx kerap dipotret sejajar dengan piramida tertua di dunia itu. Sebagai perbandingan, tingga piramida Firaun Khufu yang terbesar di Giza mencapai 146 meter. Sementara luas dasarnya mencapai 138 meter. Jelas jauh lebih masif daripada patung Sphinx.

Photo credit: © Ancient Code - GETTY IMAGES/ED GILES

3 dari 6 halaman

Patung Liberty - Amerika Serikat

Patung Liberty. © TheDailyBeast.com - Getty Images

Patung yang jadi kebanggaan Amerika Serikat ini sering digambarkan sebagai struktur berukuran raksasa di poster-poster film Hollywood. Misalnya saja The Day After Tomorrow dan Cloverfield. Dan sering dibanding-bandingkan dengan Menara Eiffel karena keduanya dibangun oleh Alexandre-Gustave Eiffel. Tetapi apakah keduanya memang setara dalam ukuran?

Patung yang menghadap Manhattan itu memiliki tinggi 46 meter jika dihitung dari kaki hingga ujung tangannya yang mengacungkan obor. Namun dihitung dari dasar, tinggi sang Lady Liberty mencapai 93 meter. Bandingkan dengan Menara Eiffel yang tingginya mencapai 324 meter. Benar-benar jauh, bukan?

Photo credit: © TheDailyBeast.com - Getty Images

4 dari 6 halaman

Mount Rushmore - Amerika Serikat

Gunung Rushmore. © Mount Rushmore National Memorial - GETTY IMAGES/SCOTT OLSON

Satu lagi monumen kebanggaan yang dimiliki Amerika Serikat. Mount Rushmore, ukiran mendiang Presiden Abraham Lincon, George Washington, Thomas Jefferson, dan Theodore Roosevelt yang dipahat pada tebing granit Black Hills, Dakota Selatan.

Terlihat berukuran raksasa karena dipotret dalam jarak dekat, ternyata tinggi Mount Rushmore tak sampai 2 meter. Dan wajah keempat presiden hanya menempati salah satu sisi tebing. Masih banyak tempat kosong hingga puluhan meter untuk dipahati wajah presiden-presiden selanjutnya.

Photo credit: © Mount Rushmore National Memorial - GETTY IMAGES/SCOTT OLSON

5 dari 6 halaman

Blue Lagoon - Islandia

Blue Lagoon. © Great Value Vacations - GETTY IMAGES/MATT CARDY

Berkunjung ke Islandia belum lengkap jika tak disertai berendam air panas di Blue Lagoon. Sumber air panas dengan air berwarna kebiruan itu memang objek wisata yang sangat populer di Islandia. Di foto-foto tampak biru cemerlang, damai, dan hanya uap putih mengepul sejauh mata memandang.

Tetapi jika dipotret dari jarak jauh terlihat kalau Blue Lagoon sebenarnya tidak terlalu luas. Kalah jauh jika dibandingkan dengan fenomena alam yang mirip dengannya, yaitu Pamukkale, Turki yang memiliki panjang 2.700 meter dan lebar 600 meter.

Spa geothermal itu kerap dipadati turis. Sementara pemandangan di sekitarnya juga tidak terlalu indah, karena bersebelahan dengan pembangkit listrik tenaga uap Svartsengi.

Photo credit: © Great Value Vacations - GETTY IMAGES/MATT CARDY

6 dari 6 halaman

Cristo Redentor - Brasil

Cristo Redentor. © Whc.unesco.org - Xinhua

Orang-orang menyebutnya Cristo Redentor, Christ The Redeemer, atau Kristus Sang Penebus. Inilah patung kolosal yang menandai kota Rio de Janeiro, Brasil. Tampak menjulang megah di puncak bukit Corcovado yang menghadap langsung ke perkotaan.

Sebenarnya patung ini bahkan tidak lebih tinggi daripada Liberty di Amerika Serikat. Cristo Redentor hanya memiliki tinggi 30 meter. Fakta bahwa patung tersebut berada di puncak bukit yang menambahkan ilusi atas ukurannya.

Itulah deretan objek wisata yang ternyata tak semegah foto-fotonya.

Photo credit: © Whc.unesco.org - Xinhua [tsr]

Baca juga:
Pemandangan unik rumah-rumah 'keras kepala' yang menolak dibeli pengembang
Rayakan liburan akhir tahun di PIK Avenue 'Village De Noel'
Eden Project, hutan indoor terbesar di dunia dengan 3.000 jenis flora
Menilik sejarah Lyon sebagai kota mural di Prancis
Agen perjalanan online minta komisi lebih bikin hotel rugi

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini