IT Del Potensial Support Penuh Tourism 4.0 di Danau Toba

Sabtu, 7 September 2019 12:07 Reporter : Haris Kurniawan
IT Del Potensial Support Penuh Tourism 4.0 di Danau Toba Menpar Arief Yahya. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Institut Teknologi (IT) Del berpotensi sebagai penopang utama Tourism 4.0. Termasuk mendukung Destinasi Super Prioritas Danau Toba.

Hal tersebut dipertegas dalam Inagurasi Mahasiswa Baru IT Del, Jumat (6/9). Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, sinergi semakin menguatkan.

"IT Del mengutamakan kualitas. Konsep transformasi pengetahuan pada mahasiswanya modern. Dan, posisi kampus ini sangat strategis karena berada di kawasan industri besar Danau Toba. Mereka bisa jadi penyedia teknologi yang dibutuhkan untuk mengembangkan pariwisata Danau Toba. Sinergi tersebut akan saling menguatkan dan mendatangkan banyak manfaat," ungkap Luhut, Jumat (6/9).

IT Del menerima 377 mahasiswa baru untuk tahun angkatan 2019. Mengusung tema ‘Learning Innovation In The Industrial Revolution 4,0’.

"Posisinya sudah sangat jelas. Tourism 4.0 menjadi kebutuhan. Sebab, pasarnya sangat aplikatif terhadap konsep ini. Dan, IT Del menjadi salah satu konektor untuk mendukung konsep Tourism 4.0 khususnya di kawasan Danau Toba," terang Luhut lagi.

Profil bagus dimiliki IT Del. Kampus tersebut memiliki 3 fakultas dengan 8 program studi (prodi). Fakultasnya terdiri Teknik Informatika dan Elektro, Teknologi Industri, hingga Bioteknologi. Untuk Fakultas Teknik Informatika dan Elektro didukung oleh 6 prodi. Masing-masing 3 prodi S1 dan Diploma. Slot S1 diantaranya, Prodi Informatika, Elektro, dan Informasi.

Posisi IT Del pun semakin kuat dengan Prodi S1 Manajemen Rekaya. Prodi tersebut menginduk kepada Fakultas Teknologi Industri. Adapun Fakultas Bioteknologi memiliki Prodi S1 Teknik Bioproses.

"IT Del akan terus berkembang. Sebab, potensinya sangat besar. Dengan begitu, seluruh kebutuhan SDM yang berbasis teknologi di Danau Toba dan daerah lain bisa terpenuhi," tegas Luhut.

Secara khusus, peminat IT Del datang dari berbagai wilayah di Indonesia. Pada Sabtu (7/9), IT Del akan mewisuda 11 mahasiswa asal Tolikara, Papua. Mereka ini akan diwisuda bersama sekitar 340 mahasiswa lainnya.

Menpar Arief Yahya memaparkan, IT Del menjadi salah satu solusi untuk menjawab kebutuhan SDM berbasis teknologi dalam Tourim 4.0.

"Potensi yang dimiliki IT Del sangat besar. Kampus ini akan terus tumbuh dan berkembang. Mereka ini akan menjadi penyedia tenaga ahli di bidang teknologi bagi pariwisata, khususnya di Danau Toba. Dan, memilih kampus IT Del untuk mengasah kemampuan adalah opsi ideal," papar Menpar yang sempat menerima Ulos. [hrs]

Topik berita Terkait:
  1. Berita Kemenpar
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini