11 Ratu & Putri Kerajaan yang Namanya Diabadikan Menjadi Bunga

Sabtu, 7 September 2019 00:03 Reporter : Tantri Setyorini
11 Ratu & Putri Kerajaan yang Namanya Diabadikan Menjadi Bunga Putri kerajaan yang namanya dipakai bunga. ©REX/Shutterstock/Parismatch

Merdeka.com - Para ratu dan putri bangsawan selalu memiliki pesona tersendiri di mata rakyat. Keanggunan bersikap yang sudah mereka pelajari, serta karisma yang sudah menjadi citra mereka menjadikan sosok mereka dikagumi. Tak heran jika nama mereka lantas dipinjam untuk menamai bunga-bunga indah.

Ada mendiang Lady Diana yang memiliki sederet bunga dengan namanya. Atau Grace Kelly, aktris Hollywood dan putri Kerajaan Monako yang meminjamkan namanya untuk dua varietas mawar.

Nah, berikut ini kami tampilkan sederet ratu dan putri kerajaan yang namanya diambil untuk bunga-bunga indah.

1 dari 11 halaman

Lady Diana

Bunga mawar dan clematis Putri Diana. London Gardeners - Flickr/Takashi M - House Beautiful

Mendiang Putri Diana yang biasa disebut Lady Di oleh media merupakan bangsawan, sosialita, aktivis kemanusiaan, sekaligus selebriti paling dicintai publik. Kecantikan dan hati emas sang putri membuat publik mencintainya. Tak heran kalau ada banyak bunga indah yang didedikasikan untuknya.

Di antara sekian banyak jenis bunga yang dinamai seperti dirinya, beberapa di antaranya merupakan kultivar mawar. Yang pertama adalah Princess of Wales, bunga mawar dengan mahkota putih bersih yang memiliki keharuman lembut. Sementara jenis lainnya adalah Diana, Princess of Wales yang memiliki mahkota berwarna peachy pink, People's Princess yang berwarna putih dengan semburat ungu muda, serta Lady Diana yang berwarna merah muda pucat.

Ada juga bunga clematis dengan warna merah muda menyala yang menggunakan namanya, yaitu Princess Diana. Tampaknya sang putri memang menginspirasi banyak orang.

2 dari 11 halaman

Meghan Markle

Clematis Meghan Markle. REX/Shutterstock/RHS Plants

Clematis Meghan, jenis bunga yang didedikasikan untuk Duchess of Sussex, Meghan Markle. Bunga clematis ini memiliki mahkota ungu dengan semburat merah muda. Bunga tersebut mekar dua kali setahun. Musim mekar pertama di awal musim panas, pas dengan tanggal pernikahan Meghan dan Pangeran Harry.

3 dari 11 halaman

Kate Middleton

Clematis Kate Middleton. REX/Shutterstock/RHS Plants

Sebelum nama Meghan dipakai untuk bunga clematis, Kate Middleton sudah lebih dulu meminjamkan namanya untuk bunga clematis berwarna putih ungu. The Royal Horticultural Society memilih nama Kate karena merasa warna bunga tersebut sesuai dengan citra sang duchess.

Kate Middleton dan suaminya, Pangeran William juga memiliki dua spesies bunga yang memakai nama mereka. Jenis pertama adalah anggrek vanda William Catherine yang mereka terima pada kunjungan ke Singapore Botanical Gardens pada tahun 2012. Sementara jenis kedua adalah Rosa William and Catherine, kultivar mawar dengan mahkota berwarna putih bersih.

4 dari 11 halaman

Grace Kelly

Mawar Grace Kelly. All My Favorite Flower Names/Howell Conant/Bob Adelman/Flowersense

Mendiang Grace Kelly dikenal sebagai aktris lawas yang dicintai di Hollywood. Namun dia juga seorang putri, lebih tepatnya putri Kerajaan Monako.

Perempuan berwajah klasik ini memiliki dua jenis bunga yang menggunakan namanya. Ada Princesse de Monaco, mawar merah muda lembut yang disilangkan oleh Meilland dan diperkenalkan pada tahun 1981. Ada pula Rosa Grace Kelly yang memiliki mahkota berwarna pink gelap.


5 dari 11 halaman

Putri Charlotte

Krisan Putri Charlotte. REX/Shutterstock/Greenhouse Product News

Anak perempuan Kate Middleton dan Pangeran William, Putri Charlotte dihadiahi bunga krisan yang menggunakan namanya di ulang tahun pertama. Bunga bernama Rossano Princess Charlotte itu disilangkan oleh Deliflor dari Belanda. Warnanya unik, merah muda lembut dengan sentuhan warna hijau di ujung-ujung mahkotanya.

6 dari 11 halaman

Ratu Elizabeth II

Mawar Ratu Elizabeth II. REX/Shutterstock/Crocus

Sejak awal menduduki jabatan sebagai Ratu Inggris di tahun 1959, Elizabeth II sudah memiliki bunga mawar yang menggunakan namanya. Bunga tersebut berpenampilan klasik dengan warna merah muda keperakan.

7 dari 11 halaman

Putri Irene dari Kerajaan Belanda

Tulip Putri Irene. Royal Central/J Parker

Irene Emma Elisabeth adalah anak kedua Ratu Juliana dari Belanda dan Pangeran Bernhard dari Lippe-Biesterfeld. Sang putri dikenal sebagai aktivis dan pegiat pelestarian alam. Demi menghormati namanya, sebuah varietas tulip dengan semburat warna oranye dan merah hati diberi nama seperti dirinya.

8 dari 11 halaman

Maharani Josephine

Mawar Maharani Josephine. Hector Viger/David Austin Roses

Sebagai kolektor bunga mawar terbesar yang dikenal sejarah, tentu tak mengherankan jika Maharani Josephine, istri Napoleon Bonaparte memiliki bunga mawar yang menggunakan namanya. L'Imperatrice Josephine adalah varietas mawar gallica dengan warna merah muda yang disilangkan oleh Jacques-Louis Descemet dan diperkenalkan di tahun 1815.

9 dari 11 halaman

Aiko, Putri Toshi

Mawar Putri Aiko. Asahi Shimbun/Sierra Flower Finders

Aiko yang bergelar Putri Toshi adalah anak satu-satunya Kaisar Naruhito dan Maharani Masako dari Jepang. Bunga yang menggunakan namanya adalah mawar floribunda warna pink salmon yang bentuk mahkotanya mirip bunga peony. Mawar ini juga dikenal dengan nama Beloved One, seperti sang putri yang dicintai publik.

10 dari 11 halaman

Ratu Christina dari Kerajaan Swedia

Rosa Queen of Sweden. David Beck/Gardenia Creating Gardens

Rosa Queen of Sweden adalah bunga mawar yang didedikasikan untuk Ratu Christina dari Kerajaan Swedia. Bunga berwarna pink aprikot tersebut diperkenalkan kepada publik pada tahun 2004 untuk memperingati perjanjian persahabatan di antara sang ratu dan Oliver Cromwell dari Inggris di tahun 1654.

11 dari 11 halaman

Ratu Marie dari Kerajaan Denmark

Rosa Konigin von Danemark. Jens Juel/Van Meuwen

Rosa Konigin von Danemark adalah bunga yang dipersembahkan untuk Marie Sophie Frederikke Hesse-Kassel yang juga dikenal sebagai ratu Kerajaan Denmark. Sempat memerintah menggantikan suaminya, Frederick VI sejak tahun 1814-1815.

Mawar tumpuk yang jumlah mahkotanya bisa mencapai 100 ini disilangkan di Jerman pada tahun 1816. Setelah itu mulai dipasarkan pada tahun 1826.

Sumber: Marie Claire, House Beautiful [tsr]

Baca juga:
Cara Membuat Buket Bunga Unik Gaya Flower Box
Menikmati Keindahan Bunga Sakura di Tiga Negara
Menikmati Warna-warni Kebun Bunga Tecolote Ranunculus
Minum Teh Mawar Setiap Hari? Ini 5 Khasiat Kecantikan yang Bisa Didapat

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini