Tiga Bom Bunuh Diri Meledak di Nigeria, 30 Penonton Sepak Bola Tewas

Senin, 17 Juni 2019 20:45 Reporter : Pandasurya Wijaya
Tiga Bom Bunuh Diri Meledak di Nigeria, 30 Penonton Sepak Bola Tewas bom bunuh diri di nigeria saat pertandingan sepak bola di televisi. ©AFP

Merdeka.com - Sedikitnya 30 orang tewas setelah tiga bom bunuh diri meledak di sebelah timur laut Nigeria hari ini.

Tiga pengebom bunuh diri menyalakan bom mereka di luar sebuah aula di Kota Konduga tempat para suporter sepak bola sedang menyaksikan pertandingan di televisi. Konduga terletak sekitar 35 kilometer sebelah tenggara Maiduguri, ibu kota Negara Bagian Borno.

"Korban tewas dari serangan ini sudah mencapai 30 orang dan da 40 orang luka," kata Usman Kachalla, kepala Badan Bantuan Darurat, seperti dilansir laman the New York Times, Senin (17/6).

Ali Hassan, ketua kelompok pertahanan di Konduga mengatakan serangan itu terjadi sekitar pukul 09.00 dan panitia acara di aula itu berusaha mencegah seorang pengebom bunuh diri masuk ke dalam.

"Ada adu mulut antara panitia dengan pengebom bunuh diri yang kemudian meledakkan bom," kata Hassan melalui sambungan telepon. Dia juga mengatakan dua pengebom bunuh diri lagi yang membaur dengan kerumunan orang di sebuah gerobak penjual teh kemudian meledakkan bom yang mereka pakai di badan.

"Sembilan orang tewas di tempat, termasuk si panitia, dan 48 lainnya luka," kata Hassan.

Kachalla mengatakan banyaknya jumlah korban tewas karena tim penyelamat tidak bisa mencapai lokasi dan perlengkapan mereka kurang memadai untuk menangani jumlah korban luka yang cukup banyak.

"Fasilitas peralatan kesehatan sangat kurang untuk menangani situasi darurat sebesar itu dan lambannya prosedur izin pengamanan untuk dikerahkan ke lokasi menambah jumlah korban tewas," kata dia.

Sejauh ini belum ada pihak mengaku bertanggung jawab atas serangan itu. Namun serangan semacam itu sebelumnya biasa dilakukan kelompok militan Boko Haram.

Serangan bom bunuh diri teranyar sebelumnya terjadi April lalu. Dua pengebom bunuh diri meledakkan bom di Kota Monguno hingga menewaskan seorang tentara dan melukai seorang lainnya.

Baca juga:false
5 Negara Pilih Pindahkan Ibu Kota, Inilah Penyebabnya
Sebelum Indonesia, 5 Negara Ini Juga Pernah Lakukan Pemindahan Ibu Kota
Sebelum Indonesia, Pemindahan Ibu Kota Pernah Terjadi di 5 Negara Ini
Mengunjungi Kota dengan Anak Kembar Terbanyak di Dunia
Gaya Nyentrik Wanita Nigeria Saat Tonton Turnamen Polo Internasional
Bangunan Sekolah Runtuh di Nigeria, 100 Siswa Terperangkap [pan]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini