Pria Saudi Ditangkap karena Ajak Jalan-jalan Singa di Jeddah

Rabu, 25 September 2019 20:36 Reporter : Merdeka
Pria Saudi Ditangkap karena Ajak Jalan-jalan Singa di Jeddah ilustrasi singa. ©smithsonianmag.com

Merdeka.com - Seorang pria Arab Saudi ditangkap setelah dilaporkan terlihat berjalan sambil membawa singa di jalanan Kota Jeddah.

Kejadian ini dilaporkan oleh surat kabar Sabq dua hari lalu.

Badan keamanan memperingatkan pihak berwenang dan patroli polisi untuk bergegas ke tempat kejadian. Mereka kemudian menemukan pria itu dan singanya sedang di dalam mobil.

Dikutip dari Dubailad, Rabu (25/9), pria itu kemudian diinterogasi oleh polisi setelah menyerahkan singanya kepada pemerintah kota.

Memelihara singa di Saudi atau di negara lain memang tidak lazim. Namun memelihara hewan buas itu kerap dipandang sebagai pamer status sosial.

Sebelumnya sudah ada sejumlah peristiwa ketika pawang atau pemilik hewan buas itu diserang peliharaannya.

Seorang pria di Praha tewas setelah diterkam singa peliharaannya.

Tahun lalu seorang pria Inggris di Afrika Selatan terluka parah akibat diserang singa yang tinggal di taman margasatwa. Dia telah merawat singa itu dari kecil.

Di UEA, praktik memelihara hewan buas dilarang. Jika ketahuan melanggar akan dikenai denda hingga sekitar Rp2 miliar rupiah atau hukuman penjara.

Undang-undang yang dikeluarkan tahun 2016 itu, berlaku untuk penjualan dan kepemilikan semua jenis hewan liar dan berbahaya.

Hewan-hewan buas ini hanya boleh dipelihara di kebun binatang, taman margasatwa, sirkus, dan pusat penangkaran dan penelitian.

Pada tahun ini, peraturan itu diperketat dengan 12 pasal yang merinci persyaratan untuk pemindahan hewan buas dan berbahaya.

Reporter magang: Ellen RiVeren [pan]

Topik berita Terkait:
  1. Arab Saudi
  2. Binatang Buas
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini