Strategi BI Buat Buat Ekonomi Halal Terus Berkembang di Tanah Air

Kamis, 21 Februari 2019 18:39 Reporter : Merdeka
Strategi BI Buat Buat Ekonomi Halal Terus Berkembang di Tanah Air Gedung Bank Indonesia. Merdeka.com / Dwi Narwoko

Merdeka.com - Gubernur Bank Indonesia, Perry Wardjiyo mengaku optimis dengan perkembangan ekonomi halal di Indonesia. Menurutnya, perlu dibuat sebuah ekosistem tersendiri agar ekonomi halal bisa makin terus berkembang.

"Strateginya seperti apa? Tentu saja kita harus menciptakan ekosistem ekonomi halal," tegas dia di Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Kamis (21/2).

Perry mengatakan, pertumbuhan ekonomi halal bisa memanfaatkan beberapa sektor industri yang bisa dilibatkan, seperti kuliner, fesyen, turisme, dan juga kosmetika.

Keberadaan ekosistem disebutkannya dapat mempermudah geliat ekonomi halal di Tanah Air, baik dalam bentuk komunitas maupun industri.

"Ekosistemnya harus dikembangkan jadi ekonomi halal yang berbasis komunitas, apakah pesantren maupun komunitas muslim, ekonomi halal yang berbasis industri, apakah industri kelas menengah ataupun besar," ungkapnya.

Bank Indonesia pun dikatakannya telah membuat peraturan agar ekonomi halal benar-benar bisa menjadi tren tersendiri di Indonesia.

"Oleh karena itu, kebijakan2 Bank Indonesia diarahkan ke sana, baik melalui pengembangan ekonomi di komunitas, termasuk pesantren maupun sinergi dengan KNKS (Komite Nasional Keuangan Syariah) dan berbagai pelaku industri untuk bagaimana mengembangkan industri halal," tutur dia.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com [idr]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini